Home arrow Artikel Kesehatan arrow Katarak

Jumlah Pengunjung

Katarak Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

Katarak adalah proses kekeruhan lensa mata karena terganggunya metabolisme lensa. Katarak dapat menimbulkan kebutaan, tetapi kebutaan oleh katarak dapat ditanggulangi. Prevalensi kebutaan katarak di Indonesia sebesar 1,47% pada tahun 1994, dan yang terbesar karena katarak senilis/ ketuaan.

Pembagian Katarak
• Katarak Seilis / Ketuaan, yaitu katarak yang timbul setelah umur 40 tahun, proses pasti belum diketahui, diduga karena ketuaan/ degenaasi.
• Katarak Kongenital, yaitu katarak yang timbul sejak dalam kandungan atau timbul setelah dilahirkan, umumnya disebabkan karena adanya infeksi, dan kelainan metabolisme pada saat pembentukan janin. Katarak Kongenital yang sering timbul karena infeksi saat ibu mengandung, terutama pada kehamilan 3 bulan pertama. Penyakit yang dapat menyebabkan katarak: Toksoplasmosis, dan Rubella/ German measle
• Katarak Traumatika, yaitu katarak yang dapat menyerang semua umur, biasanya karena pasca trauma baik tajam maupun tumpul pada mata terutama mengenai lensa.
• Katarak Komplikata, adalah katarak yang timbul pasca infeksi mata.

Penanganan Katarak
Kebutaan katarak dapat diatasi dengan operasi yaitu pengambilan lensa keruh. Ada beberapa tekinik operasi yang dilakukan di Rumah Sakit Yap, yaitu:
Operasi dengan irisan luas dengan jahitan konvensional dan dengan irisan kecil tanpa jahitan lensa dikeluarkan dengan alat Phaceomulsifikasi (small incision surgy).
Pemilihan teknik operasi ini tergantung keras/ lunaknya lensa. Setelah lensa katarak diambil, penderita hanya dapat menhitung jari pada jarak 1 meter, kecuali penderita diganti lensanya.
Penggantian lensa ada dua cara yaitu:
• Penderita setelah dioperasi diberi kacamata atau lensa kontak positif ±10 dioptri.
• Penderita dipasang lensa tanam bersamaan waktu dilakukan operasi, keuntungannya adalah penderita setelah operasi penderita langsung dapat melihat jelas, tidak perlu memakai kacamata sangat tebal, lapang pandang penderita tetap luas dan distorsi sinar dapat dihilangkan.

Comments (85)Add Comment
Tanya
written by Iin, February 24, 2009
Selamat siang,

Ibu saya berusia 60 tahun. Beliau mengalami gangguan penglihatan terutama saat membaca. Satu hal yang saya perhatikan adalah bola mata beliau tidak lagi berwarna hitam, tapi agak abu2. Saya kuatir dok, dan ingin tahu ini kemungkinan gejala apa.

Trimakasih sebelumnya.
tanya
written by wahyudi, April 02, 2009
saya berusia 26th, saya kena katarak sudah lama. sekitar hampir 10thnan.dl pernah periksa di RS mata Dr. Yap sekitar tahun 2001an.tp dl g bs dioperasi karena keberhasilannya hanya sekitar 40%an. sampai sekarang masih sama. tp pandangan samar-samar......... mohon masukan dan solusi terima kasih..
jawaban
written by mangkok, May 14, 2009
kok ga ada jawabannya yah???
Mungkin bisa membantu?
written by emal fairuzi, June 12, 2009
smilies/grin.gif mohon maaf kalo saya lihat keluhan2 mbak iin dan mas wahyudi kayaknya sih sebaiknya segera diperiksakan ke rs mata. sehingga ditangani oleh profesional dibidangnya. karena kalo baca gejalanya sih, untuk ibunya mbak iin kemungkinan besar katarak
Biaya Murah Operasi Katarak
written by Wiwid Oktavia, September 24, 2009
Karena keterbatasan biaya yg kami miliki,berapakah biaya termurah untuk operasi 1 mata
OPERASI KATARAK
written by SUJIYO, October 31, 2009
DOK SAYA PUNYA ANAK UMUR 8 TAHUN TERKENA PENYAKIT KATARAK PERTANYAAN SAYA PADA UMUR BERAPA ANAK SAYA BISA DI OPERASI DAN APA EFEKNYA HABIS DI OPERASI DAN BERAPA BIAYA WAKTU ITU SIH UDAH SEMPAT MAU DI OPERASI DI RUMAH SAKIT YAP YOGYA ENTAH NGAK TAU PERSIS APA PERMASALAHANNYA (INAP SATU MALAM SBL OPERASI)KATANYA MASALAH KESEHATANNYA NGAK MEMENUHI PERSYARATAN TANKS SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH
katarak
written by lyly, November 16, 2009
berapa biaya operasi katarak per mata?
terima kasih
Katarak
written by Willy Jordan, December 06, 2009
Berapa biaya untuk operasi 1 mata katark dengan laser?
katarak
written by didit, December 17, 2009
smilies/smiley.gifslamat siang perkenalkan saya didit,saya mau konsultasi mengenai mertua saya beliau umurnya hampir 70thn,dulu mertua saya menderita penyakit katarak ke2 matanya setelah diketaui penyakit itu bliau langsung oprasi ke2 matanya disolo.ditanam lensa didalam matanya setelah operasi beliau dapat melihat dengan jelas,setelah 2thn berjalan beliau mengeluhkan kalau matanya setiap kali melihat pandangan kabur,terasa mengganjal dan gatal.setelah itu saya kembalikan ketempat yang dulu mengoprasi,kata dokternya supaya dioprasi kembali setelah di cek ulang,kalau lensa buatan dari amerika bisa dilaser,ternyata lensa yang ditanam dimata mertua saya buatan dari india dan kalau dari india tsb tdk bs dilaser.trus dokter menyarankan untuk dioprasi setelah dicek lebih detail lg kalau matanya sudah tidak bisa dioprasi kembali"dokter sudah angkat tangan".pertanyaan saya apakah dengan kondisi seperti ini RS Mata Dr. Yap bisa membantu dari keluhan seperti ini.trima kasih untuk sebelumnya.tolong balasanya.
blog tentang kesehatan mata
written by abu fauzan, January 13, 2010
maaf numpang lewat, bagi anda yang berminat untuk membaca seputar kesehatan mata silahkan kunjungi blog saya di http://www.matasehat.com/
Operasi Katarak penderita diabetes
written by Novika, January 19, 2010
Berapa kadar gula penderita diabetes tanpa komplikasi untuk dapat dioperasi katarak dan bisakah operasi tanpa rawat inap??? ..
tanya
written by yogi astuti, March 18, 2010
Ayah saya berusia 55 th. mata kirinya buta akibat katarak.belakangan matanya suka berair dan kabur. kata dokter ada penumbuhan katarak tapi belum masak.jadi harus berobat rutin selama 3 bulan dahulu u/melihat hasilx. Pertanyaan saya : apakah harus dioperasi?kalau iya apa resiko kebutaannya ada? karena mata beliau yang bisa melihat kan cuma mata kanannya.
...
written by lia, April 03, 2010
siang dok sya lia sekitar 3 minggu yang lalu saya oprasi katarak tapi kenapa ya..penglihatan saya masih kurang jelas?...emang si ada perubahan awalnya saya g bisa lihat apapun setelah oprasi lumayan saya bisa melihat tapi tidak begitu jelas tapi saya bersyukur bgt karna putih di mata saya sudah hilang walaupun penglihatan saya masih kurang
...
written by hendra, June 10, 2010
smilies/shocked.gif katarak mean,sick eyes there 5 long,we must by stomath the dokter check
...
written by hendra, June 10, 2010
you must drinkvitamin a.e madu
kesehatan mata
written by darwin kaltim, October 02, 2010
Kesni aja,..alamatx,....www.bkmom-kaltim.com
Spesialis mata,...Ikatan dokter Spesialis mata seindonesia,...
penanganan pasca operasi tanam lensa
written by egy, October 28, 2010
dok mw nanya ney penting bgt..
mamaku usia 48 tahun baru aj a dioprasi tanam lensa, tapi mama masih ada keluhan gak bisa baca tulisan yang kecil2 dok.
gimana ya , apa usia jadi pengaruh dok??? atau memang harus menunggu untuk beberapa waktu agar menjadi normal..
bertanya
written by bunga, November 03, 2010
selamat malam, dokter saya ingin bertanya katarak yasng terjadi pada usia muda (20 tahun) dan hanya mengenai satu mata digolongkan dalam katarak apa ya? terimakasih sebelumnya.
menjawab
written by ucha, November 06, 2010
sebenernya kasian aja pada gak ada yang jawab, tapi karena ada pengetahuan sedikit tentang katarak mungkn jawab yang bisa dijawab aja :
1. Bunga
seperti yang sudah dijelaskan di atas katarak macamnya ada katarak senilis (katarak orang tua) katarak kongenital (pada bayi dan anak-anak) dan lain-lain. Jika katarak terjadi pada usia muda perlu ditanyakan apakah pernah kecelakaan atau mengalami trauma berarti masuknya ke katarak traumatika. apakah tadinya pernah sakit mata? apa ada kelainan kesehatan lain (biasanya berhubungan dengan gizi dan metabolisme) krn salah satu teori penyebab katarak bisa karena metabolisme misalnya penderita DM

2.Egy
pada penderita katarak memang tidak bisa dipastikan bahwa pengelihatannya akan menjadi seNORMAL MUNGKIN. Tetapi pasti ada perbaikan. masa penyembuhan pasca operasi katarak bergantung teknik yang dilakukan rata-rata antara 3 minggu sampai 3 bulan. Pada pasien pasca op katarak memang setelah 2 tahun memang tetap harus dibantu memakai kacamata untuk melihat jauh ataupun dekat. Karena meskipun ditanam lensa tentu saja fungsinya tidak akan sama dengan buatan Tuhan

3.Lia
Jawabannya lia sama dengan jawaban Egi. pasca op katarak indikasi adalah memperbaiki penglihatan tetapi tidak akan mencapai SANGAT NORMAL.

4. Yogi Astuti
Katarak memang harus dioperasi nantinya saat sudah matang tetapi dengan syarat syaraf mata masih dalam keadaan cukup baik. Resiko menjadi buta? Namanya operasi memang pasti ada resiko. dan untuk mengetahui resiko tersebut ayah anda perlu dilakukan berbagai pemeriksaan sebelum operasi. Jikapun nantii menjadi buta, saya yakin hal tersebut bukan karena operasi.. tapi memang pada orangtua, syaraf-syaraf yang berada di dalam mata pasti tidak akan sama dengan yang muda. Oleh karena itu hasil penglihatan yang membaik pada setiap individu pasca operasi katarak berbeda-beda
biaya operasi untuk saraf mata
written by adhe, November 11, 2010
Ibu saya py mslh dg penglihatanya yg smkn lm jd smkn kabur saat di check di RS mata Smg dokter blg saraf mata ibu saya ada yg lepas dan tertarik untuk pengobatanya hnya dg operasi dan pertanyaan saya brp biaya yg hrs saya keluarkan untuk biaya operasi mata ibu saya.tlg jwbnya krm ke email saya : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya

Terimakasi
Melia Propolis mengobati katarak
written by Achmad Nurwahid, November 13, 2010
Ini adalah pengalaman nyata dari Bu Digdo 68th tetangga saya yg kena katarak kedua matanya. Salah satunya sudah di operasi dan satunya belum.
Beliau saya sarankan pake propolis dengan ditetes dimata 3 kali sehari, hasilnya alhamdulillah, penglihatannya menjadi jernih.
Semoga informasi ini bermanfaat.
CP: Achmad Nurwahid 085292893130
Email: Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
...
written by Aisyah, December 19, 2010
Orang tua saya menderita Diabetes tetapi ingin sekali di operasi katarak setahu saya operasi katarak tidak boleh dilakukan pada penderita diabetes..
terima kasih smilies/smiley.gif
...
written by hanny, January 10, 2011
2 minggu yang lalu saya habis menjalani operasi katarak dengan sistem disedot karena menurut dokter katarak saya masih tipis. Setelah dioperasi penglihatan saya menjadi jelas sekali (putih sekali dan agak kebiruan) tapi sekarang penglihatan saya menjadi kabur kembali (tepatnya kapan saya tidak tahu,kurang lebih 10 hari setelah dioperasi)dan mata terasa seperti ada yang mengganjal. Kemudian saya periksa ke dokter, dia bilang ada sarafnya yang agak pucat, terus saya diberi obat methycobal 500mg,optimax, dan plavix 75mg. Sehari setelah mengkonsumsi obat tersebut kepala saya terasa pusing berkepanjangan. Saya mohon bantuan untuk masalah saya ini, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
...
written by hendri hidayat, February 10, 2011
saya pernah liat di tv katanya ada operasi katarak gratis dari sidomuncul.ada lagi ngga acara itu? kalo ada kapan dan dimana, karena saya berminat untuk operasi bapak saya.trims
...
written by anez, September 01, 2011
berapa lama pasca oprasi pasien akan mendapatkan pengelihatan yg lebih baik dok?
ayah saya sudah 4 hari pasca operasi pachoemulsifikasi tp blum ada progres yg sangat berarti.pengelihatan masih blum pulih sempurna,efek kabur masih terasa. pdahal kita sudah pakai lensa yang dikatakan bagus n lumayan mahal, 2,5jt untuk lensa saja..
apakah ada ksalahan?
apa itu msih wajar?

tolong masukan dari dokter untuk tindakan lebih lanjut...
anez dr bali bertanya
written by anez, September 01, 2011
berapa lama pasca oprasi pasien akan mendapatkan pengelihatan yg lebih baik dok?
ayah saya sudah 4 hari pasca operasi pachoemulsifikasi tp blum ada progres yg sangat berarti.pengelihatan masih blum pulih sempurna,efek kabur masih terasa. pdahal kita sudah pakai lensa yang dikatakan bagus n lumayan mahal, 2,5jt untuk lensa saja..
apakah ada ksalahan?
apa itu msih wajar?

tolong masukan dari dokter untuk tindakan lebih lanjut...

agar ayah saya dapat cepat pulih dan melanjutkan aktivitas seperti biasanya...
thx
...
written by tata, September 05, 2011
mta saya bgian kanan trdapat selaput yg membuat saya tdak dapat mlihat sjak saya umur 5 bulan,,smpai skarang umur 18 thun tdak membesar..segini terus,,pertanyaan saya apa saya bsa normal seperti yg lain stelah oprasi.....krena ada orang seperti saya dioprasi malah mkin parah.
...
written by meliati, September 19, 2011
untuk katarak, ataupun glaukoma sebelumnya di spanyol sembuh dari katarak, dan di malaysia yg kena glaukoma juga sembuh. di pakam indonesia sendiri, rabun tua pada anak2.. ini juga sembuh berkat juice G3.

utk pembelian, lbh murah, jadi member saja. dengan sponsoring ID 2438035 . anda bisa jadi member, dan bisa konsumsi lbh murah. smoga bisa membantu info ini.
...
written by meliati, September 19, 2011
untuk tanya jawab tentang G3, boleh di email ke Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya , atau 0819848688
smoga bisa membantu anda smua.
http://www.monclerdoudoune.co.uk
written by moncler doudoune uk, October 18, 2011
If you wish to be the best man, you must suffer the bitterest of the bitter.,http://www.monclerdoudoune.co.uk
http://www.mulberryalexa.org.uk
written by Mulberry Purses Outlet, October 18, 2011
Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. ,http://www.mulberryalexa.org.uk
http://www.mulberryalexabags.org.uk
written by mulberry alexa handbags, October 18, 2011
I like ANMJ on FB & just subscribed to the email feed! smilies/smiley.gif,http://www.mulberryalexabags.org.uk
http://www.moncler-outlets-shop.com
written by moncler outlets, November 07, 2011
Liked you on Facebook, too. =),http://www.moncler-outlets-shop.com
http://www.monclerjacketswitzerland.com
written by Moncler Daunenjacke, November 07, 2011
I follow you VIA GFC and I love your blog!,http://www.monclerjacketswitzerland.com
http://www.suprasvip.com
written by supra footwear, November 07, 2011
Christmas is probably the most special day of the year for children. One thing that makes it special is the popular tradition of Santa Claus. ,http://www.suprasvip.com
http://www.monclerjacketnorway.com
written by Moncler Jakke Dame, November 15, 2011
i come here first time. Thank you for sharing your admin would get ready a severely beneficial write-up I congratulate.s I very agree with your views from here.,http://www.monclerjacketnorway.com
http://www.toryburchshoes.org.uk
written by Tory Burch Shoes Sale, November 15, 2011
He is a good friend that speaks well of us behind our backs.,http://www.toryburchshoes.org.uk
http://www.supra-footwear.org.uk
written by Supra Skytop Sale, November 15, 2011
It's great to hear from you and see what you've been up to. In your blog I feel your enthusiasm for life. thank you.,http://www.supra-footwear.org.uk
...
written by Cheap Juicy Couture Bags, November 20, 2011
katarak
written by budiyono, November 20, 2011
Dok, saya umur 44 th, dua bln lalu periksa dokter mata katanya katarak tp msh tipis dan dianjurkan sementara pakai OTEM herbal tp sampai skr tdk ada hasilnya dan malah bola mata ada blok warna putih shg mata sdh tdk dapat melihat lagi,bagaimana dok tindakan selanjutnya, kira kira sdh akut kah katarak saya, kalau operasi kira kira habis berapa biayanya, tks
http://www.monclercoats.fr
written by 2012 Moncler Gilet, December 02, 2011
well this blog is great i love reading your articles.,http://www.monclercoats.fr
http://www.radiisupras.com
written by radii supras, December 02, 2011
It's so nice to have you do all of the research for us. It makes our decision making so much easier!! Thanks.,http://www.radiisupras.com
http://www.billiga-monclerjackor.com
written by Moncler Jackor, January 15, 2012
Very, very nicely done!,http://www.billiga-monclerjackor.com
http://www.2012monclerdaunenjacken.com
written by 2012 Moncler, January 15, 2012
I find life an exciting business,The point is succinctness of expression.,http://www.2012monclerdaunenjacken.com
http://www.shophermeskelly.com
written by The Hermes Birkin, January 15, 2012
Thanks, I'm going to have nightmares tonight.,http://www.shophermeskelly.com
威哥王
written by 威哥王, January 29, 2012
威哥王:http://www.shanghaikanpo.com/view/1392.html
女性用媚薬
written by 女性用媚薬, January 29, 2012
女性用媚薬:http://www.yahookanpou.com/catalog/60.html
催情剤
written by 催情剤, January 29, 2012
催情剤:http://www.china-seiryokuzai.com/view/meiyao.html
トリーバーチ スリッパー
written by トリーバーチ スリッパー, January 29, 2012
トリーバーチ スリッパー:http://www.toryburchstore.jp/category-5-b0.html


http://www.timberlandsboots.org
written by Classic Timberland Boots, March 07, 2012
your artical looks like food taste so delicious, much information is very useful to me. thanks,http://www.timberlandsboots.org
http://www.airjordansolde.com
written by Air Jordan 2012, March 07, 2012
Good stuff as per usual, thanks. I do hope this kind of thing gets more exposure.,http://www.airjordansolde.com
http://www.louisvuittonbagspeedy.com
written by Louis Vuitton Speedy Bag, March 07, 2012
So cute! I already like you on FB and also get your posts on Google Reader. smilies/smiley.gif,http://www.louisvuittonbagspeedy.com
http://www.hats-discount.com
written by Ymcmb hats, March 12, 2012
Well, I am so aflame that I accept begin this your column because I accept been analytic for some advice about Last Kings hats. Good post. I am accomplished one affair tougher on altered blogs on cheap new era hats everyday.
http://www.toryburchoutletsonline.org/
written by hollister outlet, March 12, 2012
I like the hollister outlet hollister outlet store very well.I think the Tory Burch Heels Tory Burch Heels are the best quality shoes for women to wear.
http://www.belstaffleather.co.uk
written by Belstaff Coats Women, March 15, 2012
i went to the same school as patrick. i remeber those girls from my school who wrote in. they were white trash...i always felt so bad for them.,http://www.belstaffleather.co.uk
http://www.jordanfemmes.com
written by Jordan 2012, March 15, 2012
So cute! I already like you on FB and also get your posts on Google Reader. smilies/smiley.gif,http://www.jordanfemmes.com
Katarak Kongenital
written by Jerry Butar Butar, March 19, 2012
Dok, anak saya skarang usianya 2½ tahun, 1 tahun yg lalu telah dilakukan operasi katarak. dan setahun setelah operasi kita periksa kembali ke dokter yg melalukan operasi, hasil dari pemeriksaan menyatakan bahwa saraf2 mata yg di operasi itu gosong, itu penanganan untuk selanjutnya bagaimana ya dok. apakah anak saya masih bisa melihat ?. Terima Kasih
http://www.belstaffcoats.me.uk
written by Belstaff Outlet Online, March 20, 2012
I like you on facebook and follow through google reader!,http://www.belstaffcoats.me.uk
http://www.nikejordanbasket.com
written by Nike Jordan Pas Cher, March 20, 2012
i went to the same school as patrick. i remeber those girls from my school who wrote in. they were white trash...i always felt so bad for them.,http://www.nikejordanbasket.com
http://www.newpandorabeadsonline.com
written by New Pandora Online, March 20, 2012
I smell the taste of wine. see you! "We do not talk more that day. We stood up, shook his hand and eye lookedeach and so on. Bees were shut out, but came to backhesitatingly.,http://www.newpandorabeadsonline.com
http://www.nikeshoe2u.com/
written by wholesale hats, March 21, 2012
Thanks for such a great post and the review, nfl hats I am totally impressed! Keep stuff like this coming.mlb hats
Pengobatan katarak selain operasi
written by Sita, March 24, 2012
Dok,ibu saya punya penyakit katarak pada mata sebelah kanan,saya menyarankan untuk operasi saja tp ibu saya takut operasi...pertanyaan saya apakah ada obat katarak lain selain operasi?
Terima kasih
http://www.buybuybag.com
written by messenger school bag, March 29, 2012
The vital feature is an effective long-lasting strap that suits carefully across the chest, allowing the bag itself to sit primarily based on the back. Some messenger bags also involve a second, stabilizing strap for weightier loads. messenger school bag


Buy Pretty Little Liars Seasons 1-2 DVD Box Set
written by Buy Pretty Little Liars Seasons 1-2 DVD Box Set, April 08, 2012

We have now basically gotten to the trendy age, folks: The action of text messaging is a serious plan part of Pretty Little Liars season 2 dvd release date . Perhaps on the rear of this entire First Season box set, we get the idea of "the truth can be just one text away" in an understanding of the show. These types of beautiful young things will not be just in risk for his or her livelihoods and backgrounds - their smartphones can be the harbingers of life-and-death information.

http://www.buybuybag.com/
written by Messenger shoulder bag for women, April 09, 2012
There, I just want to go over something about new style bags for for women. The Embossed messenger bag is a fashion of handbag or purse that is a cool new Korean pattern messenger bag for this season. This trendy bag have two small pockets in front of the bag body for your everyday small items. Unique flap and special zipper decoration are another highlights of this bag.
umur 15th katarak
written by nilsen hengatari, April 11, 2012
ne mata saya ptama x saya tau katarak dr koran, saya bc kyk mata berawan gt, mata sy kalo lht lampu kyk ada lingkaran kabut gt, ak tkt bnget ap yg trjadi ama mata ak, please ksi solusi, terima kasi h
11 april 2012 telp 081270219932
http://www.wearingsales.com/
written by fashion T-shirts, May 04, 2012

Living a fashionable life is great, and I often keep myself in fashion. Fortunately, men s fashion clothing speaks out the trend of 2012 summer clothes. And all kinds fashion T-shirts give me many choices. I have been ready to welcome this exciting summer.


http://www.marcjacobs-online.com
written by Marc Jacobs bags, May 04, 2012
A priest is certainly going for walks affordable any block someday Marc Jacobs bags anytime she realises an exceedingly smaller kid planning to click a good doorbell at a property Marc Jacobs handbags
cheapdvdset
written by Ringer season 1 DVD release date, May 07, 2012
You blog like the stars in the night sky that light up the road ahead.
By the way, I want to say Ringer season 1 DVD release date is coming soon. It is really a nice show that I have not lost any episodes. Just go cheapdvdset.com and got more info about new DVD releases. We will give you best service and 100% customer satisfaction. And now Free shipping for All items (except the item's weight over 1.8kg). You can also use coupon code yh9788375wmsu42 to save another $3.

http://www.buybuybag.com
written by the right bag, May 10, 2012
ouovo leather bagsOuovo's own design. The unique snake style design differ this bag from thousands of bags. Convenient designs and fashionable appearance can catch people's sight in the first glance. High quality handicraft.
newera
written by newera, May 24, 2012
Thank you for your post. I am interesting in all the article from you. Please don’t stop to update. And hope that you can share with me about my blog. new era hats wholesaleYou can’t lose hope to visit it.
oakley frogskins
written by oakley frogskins, May 24, 2012
oakley Good article. thank you for your posts.oakley sunglasses but i think you can join into my link, and you can find that fashional feeling in here await you.frogskins
ray ban sunglasses
written by ray ban sunglasses, May 24, 2012
It was very informative.ray bans on saleI appreciate your effort to put this piece together.thank you for your share.
wholesale designer clothes
written by wholesale designer clothes, May 24, 2012
wow...Your article write very well.This wonderful article let me know more things.fashion clothes
wholesale jordan shoes
written by wholesale jordan shoes, May 24, 2012
It sounds really amazing. Thank you very much.I’m going to put this too good use in my life.new jordan shoes
http://www.toryburchoutletssale.org/
written by hollister outlet, June 07, 2012
New season comes,boys and girls need to shop new style Hollister Classic Shorts Hollister Classic Shorts to dress themselves up.There are so many choices for you to choose.What is the best choose.I think is the Tory Burch Sandals Tory Burch Sandals and the Hollister clothing.When you enter the hollister outlet and tory burch outlet,you may love them so much.
http://www.karenmillenireland.eu
written by karen millen ireland, June 16, 2012
Christmas is probably the most special day of the year for children. One thing that makes it special is the popular tradition of Santa Claus. ,http://www.karenmillenireland.eu
http://www.newpandorabeadsonline.com
written by new pandora beads, June 16, 2012
i went to the same school as patrick. i remeber those girls from my school who wrote in. they were white trash...i always felt so bad for them.,http://www.newpandorabeadsonline.com
http://www.belstaff-outlets.co.uk
written by belstaff outlets uk, June 16, 2012
Beautiful!!! You truly have an eye for colour. ,http://www.belstaff-outlets.co.uk
http://www.hervelegersaledresses.org/
written by franklin marshall outlet, June 24, 2012
Cheap ralph lauren clothing sale online in this season.If you want to find a best uk online store to shop ralph lauren clothing, never miss ralph lauren sale ralph lauren sale store.Young boys and girls may like franklin marshall outlet franklin marshall outlet clothing.If you want to choose the gifts for your kids,never miss franklin marshall outlet.
obat tradisional leukimia
written by wilda, November 05, 2012
kalau untuk katarak pada anak anak dan kataraknya bawaan dari lahir bisa di operasi gak ya, thanks atas infonya....!
...
written by rudi, July 09, 2013
dokternya tega amat sih.
Banyak yg bertanya tapi tdk dijawab.

Kasihan....
...
written by didik setiyono, August 28, 2013
Salam Dok
saya mau tny sekitar 1.5 bln lalu mata kanan saya terkene benda tumpul menyebabkan mata kanan saya pertama kali tidak dapat melihat setelah periksa ke Dokter Mata dan kontrol udh 4 kali agak bisa melihat tp kabur dan obyek yg dilihat mnjd tidak simetris . kl yg dilht benda lurus mkd agak lengkung2 bgt , kt Dokter yg memeriksa saya adanya Katarak Traumatik dan pegangan Lensa matanya lepas . Apakah Mata kanan saya masih bisa di sembuhkan dan saya hrb bagaimana ya Dok , trmksh mohon bantuannya Dok
...
written by www.rjosephphotos.com, October 26, 2014
very good
hermes bags
...
written by www.gogombt.com, October 26, 2014
mbt shoes very good

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Operasi Katarak Sehari (183 komentar) Thursday, 18 December 2014
Lensa Kontak (168 komentar) Wednesday, 17 December 2014
Kornea dan Infeksi Mata Luar (375 komentar) Wednesday, 17 December 2014
Pendaftaran Pasien (215 komentar) Tuesday, 16 December 2014
Glaukoma (701 komentar) Monday, 15 December 2014
Medical Check Up (205 komentar) Sunday, 14 December 2014
Bedah Plastik dan Rekonstruksi (287 komentar) Friday, 12 December 2014
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.