Home

Jumlah Pengunjung

Medical Check Up Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

Pemeriksaan Medik Mata yang akan dilakukan oleh Dokter Spesialis mata yang lengkap atau komprehensif akan berbeda-beda bagi setiap orang atau pasien, tergantung pada usia, riwayat kesehatan diri dan keluarga, juga tanggal terakhir menjalani pemeriksaan mata, dan beberapa faktor lain yang ada keterkaitan dengan kelainan / penyakit mata. Oleh karena itu tidak semua bagian pemeriksaan ophthalmologi dibawah ini akan dilakukan dalam pemeriksaan kepada anda. Ada beberapa teknik pemeriksaan dilakukan oleh assisten dokter mata atau paramedis dan hasil pemeriksaannya akan dilaporkan kepada dokter.

Riwayat Medik
Pemeriksaan awal, akan ditanyakan riwayat medik dan keluarga anda. Pemeriksaan ini mencakup tenteng kesehatan umum, riwayat alergi obat atau makanan yang sering dikonsumsi, dan riwayat pembedahan termasuk pembedahan di mata. Selama pemeriksaan saudara diminta dengan suka rela memberikan informasi kesehatan anda yang anda ketahui., dan yang ingin anda ketahui. Apabila pasien tidak mampu berkomunikasi atau tidak kooperatif maka dapat diwakilkan keluarga atau pengantar yang mengetahui keadaan anda / pasien.

 

Pemeriksaan Mata
Pemeriksaan Tajam Penglihatan
Tajam penglihatan atau kemampuan anda untuk melihat detail halus dengan menggunakan penglihatan sentral, anda diperiksa dengan meminta anda untuk membaca huruf-huruf pemeriksaan mata Kartu Snellen yang hurufnya semakin mengecil, umumnya memakai jarak 6 meter. Hasil pemeriksaan dinyatakan berupa pecahan, misalnya 6/6, hal ini berarti menunjukkan bahwa pembilang menunjukkan anda diperiksa dengan jarak 6 meter, dan angka 6 penyebut menunjukkan kemampuan orang berpenglihatan normal membaca huruf terkecil. Pemeriksaan tajam penglihatan dapat dilakukan tanpa kaca mata yang anda miliki. Tajam penglihatan kanan dan kiri mungkin saja berbeda. Kelemahan tajam penglihatan pada satu mata bisa saja tanpa disadari karena mata yang kuat mendominasi persepsi penglihatan. Kelainan mungkin baru terbukti setelah anda memeriksakan diri. Bila anda sudah memakai kaca mata, kekuatan ukuran kaca dapat diukur juga. Ukuran kacamata yang biasa anda pakai merupakan data yang penting bagi dokter spesialis mata, meskipun kacamata itu jarang dipakai.
Kelainan refraksi dinyatakan apabila bayangan tidak terfokus dengan baik di retina. Kelainan refraksi mencakup:
• Mata miopa atau rabun jauh yaitu kabur apabila melihat benda-benda yang jauh.
• Mata Hipermetrropia atau rabun apabila melihat benda jauh atau dekat.
• Mata Astigmatisme yaitu terjadi distorsi penglihatan.
• Mata Presbiopia atau mata tua yaitu sulit memfokuskan obyek dekat karena kelemahan akomodasi.
Ada beberapa teknik yang digunakan untuk mendapatkan ukuran kacamata atau lensa kontak, antara lain dipakai alat yang disebut foroptor yaitu lensa uji terpasang kompak, dan tinggal diputar untuk mengatur kekuatan lensanya. Lensa uji coba dapat pula dipasang pada sebuah bingkai uji coba untuk anak-anak yang sulit diperiksa dapat digunakan Streak Retinoskope, dan kini sudah ada auto refraktometer atau komputer refraksi.
Pemeriksaan Otot-Otot Mata
Dengan pemeriksaan gerakan bola mata dapat diketahui ada tidaknya kelainan saraf otot penggerak mata, kelainan koordinasi atau mata juling. Gerakan mata normal tergantung dari fungsi dan kesehatan 12 buah otot bola mata, tiap mata ada 6 otot. Didalam mata adapula otot yang mengatur gerakan orang-orangan mata atau pupil, otot ini diperiksa dengan melihat reaksi pupil terhadap rangsangan cahaya. Adanya reaksi pupil abnormal mungkin menunjukkan adanya kelainan syaraf mata.

Pemeriksaan Mata Luar
Dokter spesialis mata mengadakan observasi dengan teliti mulai dari kelopak mata, kelenjar air mata, sistem pembuangan air mata, dan kesehatan disekitar mata.

Pemeriksaan Tekanan Bola Mata Dengan Tonometer
Pemeriksaan ini dikerjakan pada pasien dengan keluhan kecurigaan adanya gangguan tekanan bola mata pasien, dengan menggunakan tonometer non kontak maupun tonometer aplanasi. Bagi pasien yang berumur lebih dari 40 tahun biasanya diperiksa tekanan bolamata.

Pemeriksaan Mata Dengan Lensa Pembesar dan atau Biomikroskop
Pada pemeriksaan biomikroskop ada seberkas cahaya diarahkan kedalam mata dan dokter spesialis mata melihat dengan sebuah mikroskop khusus akan terlihat kornea, iris, lensa, korpus vitreum bagian depan secara rinci. Dengan alat ini adanya katarak sudah dapat dilihat sebelum mengganggu penglihatan.

Pemeriksaan Oftalmoskopi
Oftalmoskop adalah alat ayng memencarkan seberkas sinar kedalam mata, memungkinkan dokter memeriksa retina atau bagian belakang bola mata melalui pupil. Pemeriksaan oftalmoskopi dan penafsiran pemeriksaan hasil pemeriksaan ini merupakan bagian terpenting dari rangkaian pemeriksaan medik yang komprehensif. Dengan prosedur ini dapat dilihat gejala-gejala yang dapat menunjukkan adanya retina lepas, glaukoma, tekanan darah tinggi, penyakit diabetes melitus, tumor otak dan penyakit-penyakit lain.

Pemeriksaan Lapang Pandangan
Dalam kondisi anda tertentu dokter spesialis mata ingin memeriksa lapang pandangan (penglihatan perifer) anda. Informasi yang didapat dari pemeriksaan ini bermanfaat untuk menilai glaukoma dan tumor pada otak atau mata. Pemeriksaan ini juga dapat bermanfaat untuk menentukan penyebab sakit kepala.

Pemeriksaan Tambahan Lain
Apabila dengan pemeriksaan diatas masih dianggap kurang untuk mendukung tegaknya diagnosis maka diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan lain seperti: Synophtophore strereoskopi test, Retinometer, Prisma gonolens, USG Mata, Biometri, Foto Fundus, Foto FFA (Foto Fundus Fluorecent Angiografi), Laboratorium.

Penafsiran Hasil Pemeriksaan
Data ayng didapat dari berbagai pemeriksaan mata akan dinilai dan ditafsirkan oleh dokter spesialis mata. Bila ditemukan adanya penyakit yang perlu ditangani secara medik ataupun bedah, dokter spesialis mata mungkin akan menganjurkan anda untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Memberikan resep obat, pembedahan dengan laser atau konvensional. Bila ditemukan kelainan refraksi yang perlu dikoreksi dokter spesialis mata akan memberikan resep untuk mendapatkan kacamata atau lensa kontak.
Jika pemeriksaan dianggap masih kurang akan dirujuk kerumah sakit lain, yang mempunyai peralatan lebih lengkap, misalnta Rongent Foto CT Scan dll.
 

Pendaftaran pasien silahkan hubungi :

0274-544744, 550380 atau 088802811255

 

Informasi lebih lengkap silahkan hubungi :

Seksi Hukum & Humas

HP : 088802811255; PIN BB 326AE889; WhatsApp 0274-9411620

E-mail : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya

Yahoo Messenger : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya

Facebook  : Humas Rsmyap

Twitter : @Rsmata_DrYap 

Comments (200)Add Comment

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Diagnosis dan Penanganan Glaukoma (99 komentar) Friday, 17 October 2014
JADWAL DOKTER PRAKTEK (47 komentar) Thursday, 16 October 2014
Glaukoma (696 komentar) Thursday, 16 October 2014
Medical Check Up (200 komentar) Tuesday, 14 October 2014
Operasi Katarak Sehari (178 komentar) Sunday, 12 October 2014
Program Magang Keperawatan Mata (25 komentar) Wednesday, 08 October 2014
Jogja Lasik Center (708 komentar) Tuesday, 07 October 2014
Survei
Bagaimanakah kualitas pelayanan RS Yap?
 
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.