PELATIHAN KEPROTOKOLERAN Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

PENTINGNYA KEMAMPUAN PROTOKOLER DALAM SUATU LEMBAGA

Seorang protokol harus memiliki kemampuan khusus karena dituntut tampil prima di depan umum, terutama dalam acara resmi yang dihadiri oleh pejabat pemerintahan. Berkaitan dengan tuntutan tersebut, maka RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta menggelar Pelatihan Keprotokolan pada hari Minggu, 24 Juni 2012 bertempat di Gedung Aula RS, yang diikuti oleh 20 karyawan dari beberapa unit kerja terkait, seperti Seksi Hukum dan Humas, Seksi Tata Usaha, Keamanan, Sarana dan Prasarana Rumah Sakit dan lain-lain.

Materi yang disampaikan oleh Dra Sri Wahyuni Werdiningsih, MPH,  meliputi peningkatan kemampuan dan pengetahuan tentang tata keprotokolan mencakup berbagai unsur, antara lain etika yang mengandung arti, bahwa seorang protokol harus memiliki kemampuan tata cara dan perilaku dalam menjalankan tugasnya, selain juga dituntut untuk memperlihatkan kemampuan serta kepiawaiannya bernegoesasi dalam mencapai misinya, tetapi juga pada saat bersamaan dituntut pula untuk menjaga citra lembaga yang diwakilinya. Pemikiran aparatur yang menganggap keprotokolan merupakan tugas dan tanggung jawab salah satu lembaga, menyebabkan banyaknya lembaga yang tidak mempunyai tenaga aparatur yang terampil di bidang keprotokolan, hal ini sangat dirasakan pada saat acara atau kegiatan serimonial yang sangat diperlukan tenaga protokoler, sementara pada lembaga yang bersangkutan tidak tersedia tenaga protokol.

Dijelaskan oleh Ibu Yuni bahwa materi pokok dalam Pelatihan Keprotokalan adalah, tata cara penyambutan kunjungan tamu baik dari dalam maupun luar negeri, public relation, tata cara penerimaan tamu, tata jamuan makan resmi (table menner), peran dan fungsi pembawa acara, dan simulasi.

Tujuan Pelatihan Keprotokolan adalah meningkatkan kemampuan dalam memahami teori atau konsep keprotokolan, meningkatkan kemampuan keterampilan dan daya tanggap di bidang keprotokolan, diharapkan peserta dapat memahami ketentuan yang berhubungan dengan keprotokolan, sehingga mampu mengaplikasikan ketentuan tersebut dalam kegiatan yang memerlukan tenaga keprotokolan di lembaga masing-masing serta semua peserta mampu memahami dan terampil dalam mengintegrasikan fungsi kehumasan yang benar, terutama dalam pelaksanaan kegiatan organisasi serta memiliki mental kuat dan disiplin tinggi.

Comments (0)Add Comment

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
SEMINAR RETINOPATI PREMATURITAS (4 komentar) Monday, 19 October 2020
ALAT PENUNJANG DIAGNOSTIK (5 komentar) Thursday, 03 September 2020
KUNJUNGAN RSKG TEJA HUSADA MALANG (4 komentar) Tuesday, 25 August 2020
NASI ON THE ROAD RAMADHAN 1434 H RS MATA "Dr. YAP" YOGYAKARTA (22 komentar) Sunday, 23 August 2020
Deteksi Dini & Pemeriksaan Mata (49 komentar) Sunday, 23 August 2020
Klinik Pediatri Oftalmologi (189 komentar) Tuesday, 18 August 2020
Peresmian Gedung Instalasi Kamar Operasi (12 komentar) Monday, 17 August 2020
© 2020 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.