Home arrow Pelayanan arrow Layanan RetCam Shuttle II

Layanan RetCam Shuttle II Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
LAYANAN RetCam Shuttle di RS MATA "Dr. YAP"
 
Kelahiran premature kadangkala dapat menimbulkan masalah bagi bayi yang dilahirkan. Bukan hanya masalah yang ringan namun bisa jadi masalah yang buruk terutama bila tidak ada penanganan yang baik. Seperti halnya penyakit yang menyerang retina bayi yaitu ROP, bila hal ini tidak dapat ditangani dengan baik dapat mengakibatkan kebutaan pada bayi.
ROP (Retinopathy Of Prematurity) adalah penyakit atau gangguan perkembangan pembuluh darah retina pada bayi yang lahir premature.
Penyebab ROP :
Telah lama diduga bahwa pemberian oksigen pada bayi premature adalah penyebab terbentuknya ROP. Namun, pemberian oksigen pada bayi yang lahir premature harus tetap dilakukan karena  kelangsungan hidup bayi adalah prioritas utama.
Bayi premature biasanya terlahit dengan pembuluh darah retina tidak sempurna dan ketika retina yang kurang sempurna ini terpapar oksigen akan timbul reaksi berupa terbentuknya garis demarkasi antara daerah yang sudah tumbuh pembuluh darah dengan yanh belum dan timbul stimulus pembentukan pembuluh darah baru yang abnormal yang disebut neovaskularisasi.
Neovaskularisasi bisa sembuh dengan sendirinya atau dapat bertambah buruk, seperti perdarahan dalam rongga mata ataupun retina lepas (retinal detachment/ablasio retina)  yang dapat berpotensi menyebabkan kebutaan pada satu mata atau kedua-duanya.
Tetapi ternyata tidak semua bayi premature yang diberi oksigen mengalami ROP, justru ada laporan yang menunjukkan adanya ROP pada bayi yang tidak diberi suplemen oksiegen. Oleh sebab itu berat lahir bayi yang kurang dari 1500 gram dan usia kehamilan kurang dari 32 minggu adalah penyebab tunggal terjadninya ROP, sedangkan oksigen hanya merupakan salah satu faktor resiko.
 
Bayi Prematur beresiko menderita ROP :
- Bila usia kehamilan kurang dari 32 minggu
- Berat lahir bayi kurang dari 1500 gram
- Lahir dengan gangguan lain (pernafasan/jantung)
- Anemia, Bayi Kuning
- bayi dengan Sepsis
 
 Komplikasi lain yang dapat diderita :
- Ambliopia
- Strabismus / Juling
- Bola mata mengecil (Ptisis Bulbi)
- Glaukoma
 
Pencegahan :
Pencegahan ROP hanya bisa dilakukan dengan mencegah terjadinya kelahiran premature, karena itu diperlukan pemeriksaan antenatal yang baik selama masa kehamilan.
Alat canggih untuk mendeteksi ROP berupa REtCam Shuttle yang bisa dibawa ke rumah sakit tempat bayi premature dirawat kini telah ada di RS Mata "Dr. Yap". Saat akan melakukan pemeriksaan, bayi berusia setidaknya 3-4 minggu setelah kelahiran. Pemeriksaan harus tetap terus dilakukan sampai ROP dinyatakan hilang.
Manfaat lebih yang bisa didapat dengan RetCam Shuttle adalah :
- Kondisi bayi tetap stabil karena tidak perlu dipindah-pindah
- Orang tua dapat berdiskusi langsung dengan dokter yang menangani
- Pemeriksaan dapat dilakukan didalam inkubator tanpa harus mengeluarkan bayi.
 
Tahapan Pemeriksaan dengan RetCam Shuttle :
1. Dokter menjelaskan lebih dulu kepada orang tua bayi tentang tujuan pemeriksaan
2. Dokter meneteskan obat mata, membuka kelopak mata dengan alat khusus dan mengoleskan gel pada mata bayi.
3. Dokter melakukan pemeriksaan dengan menggunakan RetCam
4. Dokter menjelaskan hasil pemeriksaan kepada orang tua bayi
5. Dokter memberikan lembar tercetak hasil/pemeriksaan RetCam dan analisanya/rekomendasi tertulis kepada orang tua atau perawat pendamping orang tua bayi sebagai bahan konsultasi ke dokter spesialis anak.
 
Informasi lebih lanjut hubungi :
Seksi Hukum dan Humas
Hp : 088802811255; PIN BB 326AE889; WhatsApp 0274-9411620
Email : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
Yahoo Messenger : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
Facebook : Humas Rsmyap
Twitter : @Rsmata_DrYap
 
 
 
 
Comments (21)Add Comment
Pemeriksaan ROP
written by doni, April 02, 2012
Bayi kembar saya saat ini masih di dalam incubator dan diberi oksigen selama 10 hari, apakah 10 hari oksigen itu aman/ terlalu lama, sehingga dapat berakibat ROP? Berapa biaya untuk mendeteksi ROP? Bagaimana jika pemeriksaan diluar daerah Jogja, apakah bisa, misal di tegal? Berapa kisaran biayanya?
jawaban untuk bapak doni "Pemeriksaan ROP"
written by agus p, April 09, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
1. Penyebab ROP bukan karena si bayi kelebihan dalam memberikan oksigen atau kekurangan, ROP timbul lebih karena kurang sempurnanya pembentukan pembuluh darah pada retina sehingga saraf retinanya mengalami gangguan. Kurang sempurnanya pertumbuhan pembuluh ini diakibatkan oleh faktor usia bayi dalam kandungan yang belum matur (kurang dari 32 minggu atau bayi dengan berat badan lahir kurang dari 1500 gr beresiko besar terjadi ROP)
2. Biaya pemeriksaan ROp dengan Alat Retcam berkisar 600 ribu-an, kalau untuk di luar Jogja kami harus mengihitung terlebih dulu unit costnya
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
088802811255/081392628118
Retcam II Ada Di Mana Saja?
written by amril - tanjungpinang, August 05, 2012
Bayi saya perempuan, lahir prematur 7.5 bulan. Berat 1.8 kg. Masuk inkubator dan 2 hari full dipasang oksigen. Sempat dilepas 1 hari, namun dipasang kembali selama 1 hari. 10 hari di rumah sakit, dokter spesialis mata mengindikasikan ada kelainan pada mata bayi saya serta menganjurkan pemeriksaan lanjutan. 3 minggu lebih usia, kami memeriksakan bayi kami ke dokter mata. Usia bayi saya sekarang 3.5 bulan. Sudah 3X saya periksakan ke dokter mata. Tidak banyak info yang kami dapatkan dari dokter selain harus kembali kontrol yg awalnya tiap 2 minggu menjadi 1 bulan. Saya tidak tahu apakah dokter sudah menggunakan Retcam II untuk diagnosa. Hal lain lagi, saya mendapati sebelah mata bayi saya ternyata agak juling ke samping, tidak simetris. Apakah ini yang dimaksud dengan komplikasi ROP? Apakah bisa dinormalkan kembali? Apakah yang sebaiknya saya lakukan untuk kesembuhan bayi saya?
Terima Kasih..
jawaban untuk amril "RetCam II ada dimana aja"??
written by agus p, August 31, 2012
Terima kasih atas pertanyaannya...
jawaban sudah kami kirimkan melalui konsultasi via BlackBerry Messenger.
Pendaftaran pasien via telpon 0274-544744 ext 102/109 atau 088802811256
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
08880281125/0274-9411620/PIN BB 326AE889
...
written by alin, January 17, 2013
anak saya prematur 30mgg brat 2kg pernah kuning.sudah oprasi juling umur 3.5th.skarang umr 5.5th.sejak setlah oprasi mata diketahui minus (turunan gen saya).skrang sdh minus 10.bgm solusi utk ank saya?trm ksh.
jawaban untuk alin "anak minus 10"
written by agus p, February 04, 2013
Terima kasih atas pertanyaanya...
Melihat riwayat yang diceritakan, saran kami silahkan periksakan ke dokter pediatrik oftalmologi, jika berkenan silahkan datang di klinik pediatrik oftalmologi kami setiap hari selasa shg kami bs memberikan solusi terbaik, apakah nanti perlu tindak lanjut ke bagian low vision-vitreoretina atau tidak.
Pendaftaran pasien via telpon 0274-544744 /550380 atau 088802811256
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
08880281125/0274-9411620/PIN BB 326AE889
...
written by ahmad rowi, August 21, 2013
anak saya premature usia 2 bulan setelah kelahiran, mata kanan didiagnosa normal sedangkan mata kiri didiagnosa stadium 4 apakah masih bisa disembuhkan.
tolong solisinya??
jawaban untuk ahmad rowi "anak stadium 4"
written by agus p, August 23, 2013
Terima kasih atas pertanyaannya...
Menyimak cerita yang disampaikan, secara teori jika sudah masuk stadium 4 berarti kondisi saraf retinanya sudah tidak bagus. Jika sudah memasuki stadium 4 maka kondisi retina kemungkinan besar sudah terjadi pelepasan dan kekakuan sehingga akan sulit untuk diperbaiki baik dengan laser ataupun dengan tindakan operasi.
Saran kami jika berkenan silahkan diperiksakan dulu saja di klinik vitreoretina kami setiap senin-sabtu, shg kami bisa memberikan solusi terbaik.
Pendaftaran pasien via telpon 0274-544744 /550380 atau 088802811256
Demikian jawaban kami, semoga bermanfaat

Hormat kami,

agus pujianto
ka.sie. humas
08880281125/0274-9411620/PIN BB 326AE889
...
written by Fransiska Purwaningsih, May 07, 2014
maaf mau tanya dok. anak saya usia 3 bln menderita ROP stad 5. apkh msh ada harapan u diperbaiki sehingga bisa melihat?
...
written by ali fahmi, December 10, 2014
maaf dok, anak saya kembar premature berat 1.9 dan 1.3 umur 28 hari,diagnosa dokter mata yang kecil memiliki saraf mata pendek di khawatirkan ROP,yang saya tanyakan apakah bisa normal seperti anak normal tumbuh kembang mata anak saya?mohon infonya,terima kasih.
...
written by fenda, February 24, 2015
Anak sy lhr prematur usia kehamilan 35wk,lhr SC bb 2050gr dan pjg 48cm.Ketika usia 1munggu hiperbilirubin dan fototerapi selama 2 hari.Sekarang usia anak sy 5,5bulan dg bb 6,8kg dan senang melihat benda bergerak di dekatnya.Setelah saya baca beberapa artikel tentang ROP,dengan kondisi dan usia anak saya sekarang apakah perlu diperiksakan d klinik pediatric oftalmologi,atau dokter mata saja sdh cukup?mohon balasannya,terima kasih
...
written by Zumaroch, April 16, 2016
Anak saya dinyatakan mengecil/mengkerut/menjauhnya bintik kuning pada mata sebelah kiri dan tidak bisa digunakan untuk membaca,sedangkan mata kanan minus 20, usia 22 th,untuk lasik dan phakic dikatakan oleh dokter tidak akan membantu. Tindakan apa lagi yg bisa kami lakukan untuk meringankan mata kirinya?Dulu lahir dengan BB 3,5 kg. Terimakasih.
...
written by Nimas Sekar, December 23, 2016
Saya Nimas. Saya memiliki adik berumur 6 bulan sekarang. Karena kurang pengetahuan, kami terlambat memeriksakan adik saya yang saat lahir prematur (6 bulan) dengan berat 1100 gram. Dan ternyata adik saya mengidap ROP stadium lanjut. Apakah ada cara untuk mengobati adik saya ini?? Terima kasih
...
written by root explorer apk, March 14, 2017
So wonderful of you to post an awesome article like this https://therootexplorer.jimdo.com/
...
written by root explorer apk, March 14, 2017
https://esfileexplorerapp.jimdo.com/ I like the work you do so thumbs up
...
written by seo companies melbourne, August 11, 2017
A clever fusion of industrial and European style, ISEO, a boutique apartment block situated on Lygon Street, provides a nod to Melbourne's. SEO service melbourne
...
written by tubemate iphone, August 18, 2017
One the main problem that most of the people are facing is that for downloading YouTube videos we just can’t download YouTube videos without any downloader. tubemate for ios
...
written by Johnnie Evans, September 08, 2017
This survey list is very helpful to know the people’s views and choices on any topic or for an event. I recall when I use to fin in the internet a source to help assignment writing help I often set this theme to know the companies choice. I hope you would have got the suitable result for this event.
...
written by kely, September 11, 2017

Very nice article, I enjoyed reading your post, very nice share, I want to twit this to my followers. Thanks!.crush them and put them on an all around floured working work area or plate. Include a squeeze of salt, some flour and work together until the point that the blend is firm and delicate in the meantime. Presently add the egg and keep on kneading until the point that the batter is minimal.

write my essay
...
written by wifikill app for pc, September 21, 2017
WifiKill Apk is actually a wifi network controller application. It can impair the internet connection of all other devices connected to the same wifi network. wifikill pc
...
written by vigrx plus reviews, October 05, 2017
I am making this VigRX Plus Review with an intention to reveal the facts on this Men’s health supplement product. To determine whether this product is trustworthy or not. vigrx plus results

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Pemberitahuan (18 komentar) Saturday, 21 October 2017
“Dr. Yap” Eye Hospital Yogyakarta Awarded The Runner Up Predicate In The PERSI AWARDS-IHMA 2013 (5 komentar) Saturday, 21 October 2017
Pendaftaran Pasien (384 komentar) Thursday, 19 October 2017
PEMBERITAHUAN (22 komentar) Wednesday, 18 October 2017
KUNJUNGAN RSKG TEJA HUSADA MALANG (51 komentar) Sunday, 15 October 2017
PENANDATANGANAN KERJASAMA (5 komentar) Saturday, 14 October 2017
Pelatihan "Be Smart Frontliners" (3 komentar) Saturday, 14 October 2017
© 2017 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.