SEMINAR RETINOPATI PREMATURITAS Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
SEMINAR ILMIAH
RETINOPATI PREMATURITAS
 
 
 
Retinopathy of Prematurity (ROP) atau retinopati prematuritas adalah suatu kelaianan proliferasi pembuluh darah pada mata yang mengenai neonatus atau bayi prematur. Penyakit ini merupakan kelaianan multi faktorial yang mengenai pembuluh darah retina mata. Dikatakan oleh dr. Tri Wahyu Widayanti, Sp.M (K), M.Kes sebagai salah satu pembicara  Seminar "Dengan Deteksi Dini, Kebutaan Akibat Retinopati Prematuritas Dapat Dicegah" bahwa Retinopati yang serius terjadi pada 10-15 % bayi dengan badan kurang dari 1250 gram, bayi lahir dengan usia gestasi 23 sampai dengan 26 minggu. Pada bayi yang lahir prematur, vaskularisasi retina belum tuntas sehingga rentan terjadi kelainan. ROP terjadi setelah didahului dengan fase obliterasi pembuluh darah retina yang diikuti dengan berhentinya pertumbuhan pembuluh darah ke retina perifer. Pada fase berikutnya terjadi iskemia retina yang memacu terjadinya kompensasi neovaskularisasi abnormal, ujarnya.
Sementara itu Direktur RS Mata "Dr. Yap", dr. Nunuk Maria Ulfah, Sp.M, M.Kes dalam sambutannya menerangkan bahwa kesadaran masyarakat untuk melakukan deteksi dini masih rendah sehingga kita perlu menggalakan kepedulian masyarakat karena banyak yang belum mengetahui kalau bayi prematur itu rentan terjadi gangguan pada matanya. Saat ini RS Mata "DR. Yap" adalah satu-satunya RS Mata di DIY dan Jawa Tengah yang telah mempunyai alat canggih yang dapat mendeteksi adanya kelainan mata pada mata bayi prematur, dengan alat ini diharapkan dapat mendeteksi secara dini adanya  kelainan ROP  sehingga kebutaan yang permanen bisa dicegah.
Keunggulan alat Retinal Camera ini adalah bersifat mobile (dapat dipindah-pindah) sehingga hal ini mempermudah dan memperluas jangkauan pemeriksaan (pemeriksaan dapat dilakukan di luar RS Mata "DR. yap").
Comments (4)Add Comment

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
SEMINAR RETINOPATI PREMATURITAS (4 komentar) Monday, 19 October 2020
ALAT PENUNJANG DIAGNOSTIK (5 komentar) Thursday, 03 September 2020
KUNJUNGAN RSKG TEJA HUSADA MALANG (4 komentar) Tuesday, 25 August 2020
NASI ON THE ROAD RAMADHAN 1434 H RS MATA "Dr. YAP" YOGYAKARTA (22 komentar) Sunday, 23 August 2020
Deteksi Dini & Pemeriksaan Mata (49 komentar) Sunday, 23 August 2020
Klinik Pediatri Oftalmologi (189 komentar) Tuesday, 18 August 2020
Peresmian Gedung Instalasi Kamar Operasi (12 komentar) Monday, 17 August 2020
© 2020 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.