ALAT PENUNJANG DIAGNOSTIK Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

PERIMETER GOLDMANN

Perimeter Goldmann ini adalah perimeter mangkok proyeksi kinetik manual Goldmann (dibuat oleh dr. Goldmann). Bentuknya seperti mangkok meniru cakrawala tetapi sangat mini. Disebut proyeksi karena stimulusnya diproyeksikan dari alat tertentu yang diproyeksikan ke mangkok. Disebut kinetik karena stimulusnya digerakkan dari tempat yang tak terlihat sampai dengan pasien melihat stimulus. Disebut manual karena dijalankan dengan tangan (tidak dengan komputer)

Fungsi Perimeter Goldmann adalah untuk mengukur lapang pandangan pasien sehingga didapatkan informasi baik mengenai adanya lapang pandang normal amupun abnormal. Untuk lapang pandang yang abnormal, banyak sekali jenis-jenis cacat lapang pandangan yang dapat direkam. Dengan mengetahui jenis cacat lapang pandang, dokter dapat menetapkan daerah mana dari lintasan penglihatan yang mengalami gangguan atau penyakit sejak dari bola mata sampai pusat penglihatan di bagian otak yang paling belakang.

Keunggulan Perimeter Goldmann adalah dapat merekam seluruh luas lapang pandangan baik yang masih utuh yang sangat luas maupun tinggal siasa-sisa penglihatan yang sangat sempit.

SYNOPTOPHORE
 
 
 
Alat ini merupakan alat penujang diagnostik yang berfungsi untuk memeriksa pasien strabismus (juling) sehingga dapat diketahui seberapa besar derajat atau penyimpangan mata yang strabismus (juling)
 
 
 ALAT OBRSCAN
 

 
Alat ini dipakai untuk pemeriksaan pasien yang akan dilakukan tindakan Bedah LASIK. Sedangkan fungsi dari alat obrscan ini sendiri adalah untuk mengetahui topografi kornea mata baik topografi kornea bagian depan maupun bagian belakang. Alat ini juga berfungsi untuk menentukan/ memeriksa ketebalan kornea sehingga pasien yang akan menjalani Bedah LASIK dapat ditentukan/diproyeksikan refraksinya setelah menjalani Bedah LASIK.
 
 
SPECULAR MICROSCOPE TOPCON SP-3000P
 

 
Specular Microscope  Topcon SP-3000P adalah alat yang berfungsi untuk mendapatkan gambaran sel endotel dari kornea mata, sehingga keebalan kornea dan jumlah sel endotelnya dapat dihitung serta dianalisa.
Keunggulan Specular Microscope Topcon SP 3000P adalah : 
  • Mampu melakukan 2 pengukuran, yaitu pengukuran ketebalan kornea dan pengukuran sel endotel dari kornea mata
  • Mampu melakukan penyesuaian 3 dimensi dan sistem penangkap gambar otomatis
  • Mampu mengukur ketebalan kornea dan sel endotel bagian central dan 4 bagian lain dari kornea (kornea atas, bawah, nasal dan temporal)
  • Pengukuran dilakukan tanpa menyentuh bagian mata manapun, sehingga tidak ada potensi perlukaan pada mata yang tidak diinginkan serta menghilangkan tertularnya penyakit infeksi lain ke mata
  • Pengukuran dapat dilakukan meskipun pasien masih menggunakan lensa kontak
  • Dalam waktu kurang dari satu menit, gambaran sel endotel dari kornea mata sudah dapat ditemukan
  • Tumpuan dagu yang dapat digerakkan secara elektronik sehingga meningkatkan kenyamanan dan proses pengukuran.
 
 
OPTCAL CHOHERENCE TOMOGRAPHY (OCT)
 
  
 
Optical Choherence Tomography (OCT) merupakan teknik diagnostik yang non invasive dan dapat memberikan informasi tentang struktur secara detail dari segmen posterior, yaitu retina dan papil saraf optik. OCT dapat memperlihatkan gambaran histologi potongan lintang retina yang masih hidup dengan resolusi yang tinggi dan memiliki reprodusibilitas tinggi OCT telah banyak digunakan untuk menilai berbagai kelaianan macula, tetapi penelitian selanjutnya mendapatkan bahwa OCT sangat bermanfaat untuk mengevaluasi mata glaukoma.
 
 
HUMPHREY FIELD ANALYZER / HFA
 

 
Humphrey Field Analyzer (HFA) adalag salah satu jenis alat perimeter statik, artinya dengan menggunakan stimulus diam yang diubah kekuatannya sehingga pasien tepat dapat melihat stimulus. Alat ini berfungsi untuk melihat adanya cacat lapang pandang.
 
Comments (4)Add Comment

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Peresmian Gedung Instalasi Kamar Operasi (11 komentar) Sunday, 28 June 2020
PELATIHAN CUSTOMER SERVICE (3 komentar) Thursday, 25 June 2020
Kunjungan Keluarga Dr. Yap Hong Tjoen Ke Yogyakarta Dalam Rangka Yap Award 2014 (5 komentar) Tuesday, 23 June 2020
Libur Bersama Seluruh Karyawan RS Mata “Dr. Yap” Dalam Rangka Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (3 komentar) Thursday, 18 June 2020
Kegiatan Pelatihan Penanggulangan Kebakaran, Kewaspadaan Bencana dan Evakuasi di RS Mata “Dr. Yap” (3 komentar) Thursday, 18 June 2020
LOWONGAN KERJA (14 komentar) Wednesday, 17 June 2020
PEMBERITAHUAN (130 komentar) Monday, 15 June 2020
© 2020 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.