DETEKSI DINI Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
DETEKSI DINI GANGGUAN PENGELIHATAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR 

Rumah Sakit Mata “Dr. Yap” Yogyakarta bekerjasama dengan Rotary Club Mataram Yogyakarta (RCMY), Dinas Kesehatan Prop. DIY, Dinas Pendidikan Prop. DIY, FK UGM dan RSUP Dr. Sardjito mengadakan kegiatan pemeriksaan gratis dalam rangka Deteksi Dini Gangguan Pengelihatan pada Anak Sekolah Dasar Se-Propinsi DIY. Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan selama 3 tahun di 5 kabupaten, yakni Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Bantul dan Kotamadya Yogyakarta. Pada hari Kamis, 15 Oktober 2009, sebagai awal kegiatan pemeriksaan dilakukan di SDN 3 Sedayu, Arodadi, Sedayu, Bantul. Menurut Presiden RCMY, Dicky Tri S disela-sela peninjauan pelaksanaan deteksi dini tersebut dana proyek diperoleh dari RC 2700 DS World Community Service’s (WCS) Commitee, RC Yukuhashi Miyako, RC Fukoaka Heisei. Sementara Secretary RCMY, Roberto Tri Kastowo mengungkapkan bahwa selain dilakukan pemeriksaan mata, anak-anak juga akan mendapatkan bantuan kacamata bagi yang memerlukan dan bagi yang perlu pemeriksaan lebih lanjut akan dirujuk ke rumah sakit yang berkompeten (RS Mata “Dr. Yap” atau RSUP Dr. Sardjito).

Tim dokter yang dipimpin dr. Nika Bellarinatasari, dr. Eva Revana dan dr. Ahmad Prasetianto mendeteksi 61 siswa dan diperoleh bahwa 30 siswa memerlukan kacamata bantu baca, 12 siswa lainnya dirujuk ke rumah sakit yang berkompeten.

Kegiatan ini disambut gembira dan antusias dari para pendidik dan orang tua siswa, hal ini diungkapkan oleh Kepala Sekolah SDN 3 Sedayu, Muji Widodo, SPd, “Kami merasa bangga atas penunjukan SDN 3 Sedayu sebagai tempat pelaksanaan kegiatan deteksi dini ini dan kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan kepeduliannya. Semoga dengan kegiatn ini prestasi para siswa dapat lebih meningkat”. Selanjutnya kegiatan deteksi dini akan dilakukan tiap bulan sekali untuk tiap kecamatan dari 5 kabupaten/kotamadya seperti yang telah dijadwalkan bersama dalam rapat koordinasi.

Comments (2)Add Comment

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
PEMERIKSAAN MATA DI TK BUDI MULIA TERBAN (5 komentar) Monday, 14 October 2019
KONJUNGTIVITIS (4 komentar) Monday, 14 October 2019
Kunjungan Studi banding dari RS Happy Land Yogyakarta (1 komentar) Monday, 30 September 2019
Klinik Pediatri Oftalmologi (187 komentar) Sunday, 29 September 2019
NASI ON THE ROAD RAMADHAN 1434 H RS MATA "Dr. YAP" YOGYAKARTA (21 komentar) Friday, 27 September 2019
PEMBERITAHUAN (71 komentar) Thursday, 26 September 2019
Deteksi Dini & Pemeriksaan Mata (40 komentar) Sunday, 22 September 2019
© 2019 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.