Jumlah Pengunjung

Kelainan Refraksi Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

KELAINAN REFRAKSI
Kelainan refraksi adalah penurunan ketajaman penglihatan yang dapat dikoreksi dengan kaca mata.
Ketajaman penglihatan dikatakan normal apabila mata tanpa akomodasi dapat dengan jelas melihat gambar/ tulisan pada jarak 6 meter dengan sudut pandanng 5º (sudut visualis).

Macam-macam kelainan Refraksi
• Mata Miop sering dikatakan rabun jauh. Yaitu penurunan ketajaman penglihatan jauh jika dibanding dengan orang normal. Kelainan ini dapat ditolong dengan pemberian kaca negatif / cekung. Prosentase penderita ini paling banyak.
• Mata Hipermetrop. Yaitu penderita dengan kelainan ini mengeluh ketajaman penglihatannya kabur baik jauh maupun dekat. Kelainan ini dapat dikoreksi dengan lensa positif / cembung. Keadaan ini banyak timbul pada anak-anak, terutama anak yang lahir prematur, dengan bertambahnya usia maka terjadi pertumbuhan bola mata sehingga ukuran koreksi lensanya menurun.
• Mata Asigmatisma. Yaitu kelainan ketajaman penglihatan disebabkan karena penderita tidak dapat melihat sama jelas pada gambar disatu bidang datar. Hal ini disebabkan karena kelengkungan kornea, pasca infeksi, dan pasca bedah kornea.

Penanganan
Ada bermacam-macam penanganan:
• Konvensional yaitu dengan pemakaian kacamata, pemberian resep kacamata sebaiknya diberikan maksimal sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan ini dipergunakan untuk merangsang saraf penglihatan.
• Dengan pemakaian lensa kontak, dengan pemakaian lensa kontak penderita dituntut lebih dalam menjaga kebersihan.
• Dengan bedah Refraktif (Lasik) yaitu dengan penipisan atau irisan pada kornea untuk mengurangi tebalnya, umumnya dilakukan pada penderita telah berumur lebih dari 22 tahun, dengan asumsi bentuk bola mata telah maksimal dan penderita kooperatif.
• Dengan bedah lensa jernih, dilakukan pada penderita dengan miop yang sangat tinggi yang tidak memungkinkan di lakukan Lasik, atau bisa juga ditanam lensa didepan iris (phakic IOL/verisys)

Comments (77)Add Comment
kok
written by didin, January 12, 2008
kok nga lengkap smilies/grin.gif smilies/grin.gif smilies/grin.gif
...
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., January 13, 2008
Hallo Didin.
Terimakasih atas kritik/saran anda. Akan kami usahakan untuk dilengkapi. Mengenai bedah refraksi ada pada menu Lasik. Mudah2an artikel yang kurang lengkap diatas sudah bisa memberikan sedikit gambaran tentang kelainan refraksi.
Trimakasih.
pemeriksaan fisik
written by herdli, March 11, 2008
aslm dok
kalo pemeriksaan fisik mata emetropi, hipermetropi dan miopi itu seperti apa mekanismenya?
...
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., March 12, 2008
Hallo Herdli.
Untuk pemeriksaan Refraksi (emetrop, hipermetrop, miop, astigmat) bisa memakai Snellen Chart, atau pakai autorefraktometer, akan tetapi kalau mau koreksi ya dengan Snellen Chart.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A, SpM.
Terima kasih atas artikel
written by Yudi, March 24, 2008
Selamat malam dok,
Terima kasih atas artikelnya karena sangat membantu.
Oh ya saya pernah baca kalau refraksi bisa dsembuhkan dg terapi laser.nama alatnya itu OPD Scan.tp saya masih bingung dg cara kerjanya.bisa tolong dijelaskan?
Terima kasih
...
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., March 29, 2008
Hallo Yudi.
Kalau OPD Scann itu alat untuk memeriksa topografi Cornea, sedangkan untuk menyembuhkan kelainan refraksi dengan Eximer Laser atau biasa disebut Lasik. Cara kerja Lasik itu dengan menipiskan kornea supaya mempunyai daya bias seperti yang diinginkan sehingga sinar akan difokuskan tepat di retina sehingga orang tersebut tidak perlu pakai kacamata.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by Andri L, April 07, 2008
Dh,
dr. Nurfifi A,SpM
Saat ini anak saya umur 9 th 6 bln, dan mengalami hipermetrop, apakah dapat disembuhkan? kalau tidak apakah penyakit ini bisa semakin buruk? bagaiman merawatnya,
Tks,
Andrie
Jawaban Andri, Hipermetrop
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 09, 2008
Hallo Andri.
Status refraksi anak biasanya dimulai dari hipermetrop, seiring pertumbuhan bolamata maka hipermetrop akan berkurang sampai mencapai normal. Akan tetapi bila hipermetropnya terlalu besar maka perlu bantuan kacamata karena bisa menimbulkan ambliopia maupun mata juling. Untuk itu saya sarankan kontrol ke dokter mata setiap satu tahun. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
cdr
written by R, April 10, 2008
Dear dr.Nurfifi,Sp.M,
dengan penanaman lensa IOL di depan iris apakah tidak merangsang terjadinya glaukoma sekunder karena mempersempit camera occuli anterior sehingga mempersempit sudutnya?
terma kasih
Jawaban April
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 16, 2008
Hallo April.
Pemasangan IOL didepan iris tidak akan merangsang glaukoma karena haptik (pegangan IOL) dijepitkan pada iris tidak ditempatkan disudut iridokorneal. Kadang-kadang untuk menjaga bilik mata depan tetap dalam dokter membuat iridektomi perifer terlebih dulu. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
minus 4
written by Henokh, April 16, 2008
dok, gmn kalau mata yang minusnya 4 mw di turunin? apa dgn obat?
Jawaban Henokh
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 17, 2008
Hallo Henokh.
Mata minus 4 tergolong miop sedang. Miop sedang tidak bisa dihilangkan dengan obat, salah satu cara menghilangkan dengan Lasik. Obat hanya bisa menahan supaya minus tidak bertambah dengan cepat. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A, SpM.
Mata silindris
written by Azkya, April 19, 2008
Dok, mw tanya neh...
saya baru berusia 16th, minggu kemarin divonis silindris 0,5 oleh dokter, apakah mat saya masih bisa sembuh???
Mata Silinder.
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., April 21, 2008
Hallo Azkya.
Silindermu sangat kecil, bila ini baru pertama kali kamu periksa, mungkin bisa saja kamu dalam keadaan mata yang lelah (misalnya barusan pakai komputer/Game/PS lama), kalau demikian ini bisa baik kembali. Tetapi bila setelah dipakai istirahat dan minum vitamin koq tidak baik, maka kamu memang harus pakai kacamata silinder tersebut. Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
IOL
written by TEGUH, May 21, 2008
Assamualaikum. Dok, apakah penanaman IOL itu aman ( g' ada efeksamping)?.
Trus tahan sampe berapa lama, apa bisa puluhan tahun?
Apakah dng penanaman IOL tdk memicu organ yang lain jadi rusak?
Biaya utk pasang IOL 2 mata sampai berapa?
Trimakasih tuk dokter yang baik...wassalam smilies/grin.gif
Jawaban Teguh.
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., May 23, 2008
Hallo Teguh.
Tentu saja penanaman IOL aman, karena ini sudah di approve FDA. Ga ada efek samping (misal alergi) karena bahannya steril dan inert (tidak menimbulkan reaksi), tahan sampai seumur hidup, biaya untuk pasang IOL 2 mata tergantung klas kamarnya antara 8 juta sampai 15 juta (untuk 2 mata).
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by Nita, June 05, 2008
Dok ,
saya wanita 19thn
akhr2 ini mata yg tdk dpt melihat jelas , berbayang . Kdg saya menggunakan 6-8jam komputer dlm sehari , dan stelah itu , mata saya terasa sepet , pusing dan pandangan berbayang .
Kemudian sya periksa ke optic scara computerize , hasilny kiri: -0.75 cyl: -0.50
kanan: -0.50 cyl: -0.50
krena penasaran dan merasa tdk puas dgn hasil ny , saya periksa lg ke optic , kali ini secara manual hasilny kiri: -0.25 knan: -0.01
tnp cyl . Dan penglihatan mata saya rasany smkin blur dan berbayang , manakah resep yg bs sy pakai . Apa saya hrs periksa ulang ? Terimakasih
Jawaban Nita.
written by dr. Nurfifi Arliani,SpM., June 05, 2008
Hallo Nita.
Rupanya kamu mengalami Asthenopia atau bisa juga Syndroma Display Terminal karena pemakaian komputer lebih dari 4 jam tanpa jeda. Sebaiknya kalau pakai komputer tiap 2 jam istirahat 10 menit untuk melihat yang jauh2 supaya mata tidak akomodasi. Mengenai ukuran yang berbeda, memang sulit untuk menentukan yangmana yang benar, tetapi kalau di dokter mata yang dipakai adalah koreksi subyektif jadi bukan berdasar komputernya. Meskipun demikian keadaan ini tetap bisa berubah-ubah selama pemakaian komputer tidak benar. Sebaiknya anda juga meminum suplemen untuk memperbaiki nutrisi mata anda.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by bunda, June 13, 2008
halo dr. Nurfifi
dok, sy 32 th
sejak umur 18th mata kiri sy silinder 0,25 mata kanan minus 0,25. akhir2 ini sy sering migren dok. apakah ini ada hubungannya dgn kondisi mata saya? apakah mata sy sudah membutuhkan kacamata sbg alat bantu meskipun sbenarnya sy merasa belum memerlukan kaca mata. Tks atas penjelasannya.
MINUS & IOL
written by TEGUH, June 21, 2008
Trims atas jwb-nya dok, tapi mo nambah nich:
1 sebenarnya bagian apa yg menderita minus, kornea, lensa, pupil ato yg lainnya?
2 kakak-q kmarin oprasi katarak pasang IOL, apakah tdk boleh krj berat tuk selamanya, ato slama perawatan aja?
3 kta-nya resiko ablasio retina lebih besar bg orang yg dah pernah OP katarak, itu disebabkan krn bekas bedahan di kornea, adanya iol, lensa asli di copot, ato yg lainnya?
trim's atas jwb-nya..di tunggu lo dok.. smilies/grin.gif
Paska oprasi katarak
written by TEGUH, June 23, 2008
1 lg dok..apa setelah OP katarak minusnya bisa tambah?
...
written by TEGUH, July 08, 2008
Kok g' di jawab, dokter-nya lg sakit apa ya..?
Jawaban Teguh
written by dr. Nurfifi A, SpM, July 09, 2008
Hallo Teguh.
Ma'af ya jawabannya telat, minggu kemarin kami sibuk sekali karena ada World Ophthalmology Congress di Hongkong dan baru minggu ini kami aktif lagi.
1. Paling banyak minus disebabkan karena sumbu bolamata yang panjang, dan ini bisa diperbaiki dengan menipiskan kornea. Kalau lensa jarang menyebabkan miop.
2. Paska operasi katarak sementara waktu memang tidak boleh kerja berat dulu, akan tetapi sesudah 1 bulan ya nggak apa2 kerja berat asal memang retinanya baik aritinya tidak tipis dan tidak ada robekan.
3. Kalau keadaan refraksi sebelum operasi katarak miop tinggi ya ada kemungkinan mudah ablasio, tapi kalau normal setahu saya pada oarang tua akan mudah terjadi CME (cistoid Macular Edema)atau bisa juga AMD (Age Macular Degeneration) untuk itu biasanya kita beri obat juga untuk menjaga retina tetap baik.
4. Setelah operasi katarak minesnya tidak nambah karena IOL yang dipasang sudah diukur sesuai yang dikehendaki.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Bunda
written by dr. Nurfifi A, SpM, July 09, 2008
Hallo Bunda.
Membaca keterangan anda saya kira tidak memakai kacamata sebetulnya tidak akan menyebabkan pusing. Apakah anda pengguna komputer yang lama setiap harinya? Mungkin itu yang menyebabkan pusing. Memakai komputer sebaiknya tiap 2 jam istirahat 10 menit.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
...
written by TEGUH, July 10, 2008
Matur tank you atas jawaban-nya
Pusing
written by Diana, July 18, 2008
dok saya wanita 25 tahun dengan minus 2,5. Saya sudah memakai kacamata sesuai minusnya namun kenapa kepala saya bagian belakang pusing dan nyeri. Selain itu kalau malam berkendaraan pasti mata saya sakit. Kira-kira apa penyebabnya ya dok? dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih
...
written by dhanu, August 24, 2008
asS.saya seorang refraksionis saya sangat ingin tahu dan mempelajari alat2 refraksi yang sekarang semakin maju,apakah RS YAP mengadakan seminar tentang alat2 tersebut?trimakasih
Refraksi
written by Harno, November 16, 2008
Salam bu Dokter,
Pada 22 Oktober lalu saya sempat tes kesehatan di Jakarta,
Pada pemeriksaan mata meliputi ketajaman penglihatan, untuk pandangan jauh dengan mata kanan dan kiri kebetulan sama scorenya 20/25.
Saya mau menanyakan:
1 apa arti score tersebut dan apa penyebabnya;
2. cara menanggulanginya, berhubung kebisasaan kerja kadang bayak di depan komputer.
3. saya akan usahakan sesuai saran dokter kepada sdr. Nita, untuk melihat jauh selama 10 menit setelah di depan komputer 2 jam.
Mohon penjelasannya, terima kasih sebelumnya.
Wassalam.
...
written by lia, December 18, 2008
dok,,saya mau tanya...
kenapa lensa yang hipermatur serta obat2an steoroid bisa menyebabkan timbulnya glaukoma sekunder sudut terbuka dok...
terimakasih
astigmatisma
written by tika, January 12, 2009
bu dokter mo tanya nih...
anak saya umurnya 5 thn, beberapa bulan ini saya perhatikan klo melihat sesuatu atau sedang menonton tv selalu menyipitkan n memiringkan matanya terkadang mata sebelah kiri ujung matanya ditekan dengan jari. ketika saya tanya anak saya bilang pandangannya tidak jelas. akhirnya saya periksakan ke Balai Pengobatan mata dan setelah diperiksa anak saya dinyatakan matanya mengalami kelainan astigmatisma 500. mereka mengatakn anak saya tidak bisa sembuh dan selamanya harus menggunakan kacamata dan tidak boleh dilepas. yang ingin saya tanyakan :
1. benarkah anak saya tidak bisa sembuh?
2. benarkah lensa yang akan digunakan anak saya sangat tebal? sedangkan dia masih sangat kecil?
3. adakah pengobatan dengan cara lain?
mahasiswi FK
written by dewi.masitha, March 04, 2009
saya minta tolong untuk mencarikan data status refraksi 5 orang dengan kadar gula darah lebih atau sama dengan 300 serta data status refraksi 5 orang dengan kadar gula darah kurang atau sama dengan 200
minus tinggi
written by ochank, March 04, 2009
dear bu dokter
Saya memiliki minus yg sangat tinggi, hasil periksa terakhir minus sy kn -25.50 sph dan kiri -26.75 sph. Yg ingin sy tanyakan :
1. Utk kondisi sy apakah masih bisa dilakukan lasik or tanam lensa shg mata sy bs normal kembali.
2. Akhir2 ini apabila sy melihat ke tempat terang or putih sering terlihat spt ada benang2 hitam yg mengapung, knp bs spt ini.
3. Ukt kondisi sy, lbh bgs menggunakan kcmt atau softlense.
Makasih.
sigmatisma
written by Ly maula, April 15, 2009
mau tanya nie?? sebenarnya apa sie mekanisme dari asigmatisma???dan sebenarnya apakah asigmatisma itu bisa membahayakan,apabila tidak di tangani?
trim's
mata slindrins tetep bisa pake lensa kontak g?
written by Lia, April 22, 2009
mata saya kanan dan kiri sama2 slindris dan minus dari SMP. Berhubung skrg saya sudah kuliah,,banyak kegiatan yg harus membuat saya lebih aktif. Kadang-kadang kacamata membuat aktivitas saya sedikit terganggu. Temen saya menyarani untuk menggunakan lensa kontak tp temen saya mengatakan klo mata slindris g bisa menggunakan lensa kontak. Apakah itu benar dok???
Thx b4
test
written by test, April 23, 2009
test
test
mata slinder
written by pian, June 04, 2009
dok, saya mw tanya tentang sakit mata slinder da efeknya ke depan.
terima kasih
Jawaban tentang mata silinder
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 08, 2009
Hallo Tika, Maula, Lia, dan Pian.
Mata silinder itu disebabkan kelengkungan kornea tidak merata kesegala arah, misalnya sumbu tegak lebih lengkung daripada sumbu datar. Kalau melihat huruf ada salah satu garis yang kabur, contoh melihat huruf H seperti II. Sehingga untuk memperjelas garis yang tidak jelas diperlukan kaca silinder.
Silinder sama spheris (minus biasa) sama2 tidak bisa sembuh, sama2 tidak berbahaya, keluhan melihat kabur dan silau. Kalau silinder lebih dari 2 D dan tidak memakai kacamata bisa menyebabkan mata malas. Untuk Tika saya sarankan anak anda diperiksakan ke dokter mata subspesialis Pediatric Ophthalmology, karena kalau salah penanganan bisa menjadi mata malas atau juling.
Demikian jawaban saya.
Salam semuanya.
dr. Nurfifi Arliani,SpM.
Jawaban Ochank
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 08, 2009
Hallo Ochank,
Wah minus anda koq tinggi banget. Biasanya hanya kita lakukan operasi pengambilan lensa dan menanamkan lensa buatan yang ukurannya sudah disesuaikan untuk penglihatan supaya optimal. Benang hitam yang mengapung itu adalah kotoran(sel2) yang ada didalam bolamata karena biasanya minus tinggi menyebabkan bagian dalam bolamata (badan kaca) lebih cair. Hati2 mungkin itu gejala awal retina anda akan robek. Segera periksa ke dokter mata subspesialis retina ya.
Demikian saran saya.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
Jawaban Harno
written by dr. Nurfifi Arliani, SpM., June 08, 2009
Hallo Harno.
Hasil pemeriksaan mata 20/25 itu artinya perbandingan tajam penglihatan mata anda dengan mata normal. Ternyata anda hanya bisa membaca huruf tersebut pada jarak 20 feet sedangkan mata normal bisa membaca huruf tersebut pada jarak 25 feet. Jadi mungkin anda memang perlu kacamata meskipun mungkin sangat kecil ukurannya.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi Arliani,SpM.
resep kacamata
written by dudi, July 03, 2009
hai dok
kapan sebaiknya resepkacamata diberikan pada pasien post op katarak beserta alasannya
lensa tertipis & teringan
written by Budi, July 23, 2009
Hallo, dok..
sy mengalami miop sejak usia belasan, saat ini berusia 34 thn, mata sy minus -4,5 ka&ki, sudah lama sy memakai kontak lens namun mata sy sering merah, sebenarnya sy paling ngga betah pake kacamata, apa sih jenis lensa kacamata yang paling tipis & ringan yg paling mutakhir? o ya..apa bedanya op lasik dan ilasik? trims dok.
...
written by cyl tinggi, July 27, 2009
dok mau nanya nih ukuran mata saya
OD sph-5.25 cyl-6.00
OS sph-6.00 cyl-2.50
Kalau di lasik apakah ke 2 ukuran mata saya bisa jadi E?
perbandingan Refraksi dan jarak baca pada kacamata baca
written by abd ghon rohimin, August 24, 2009
dok mau tanya dok, maaf bila ganggu. dok q tdk tau tentang perbandingan ref dengan jarak baca'
jd "berapa perbandingan besar refraksi dan jarak baca terhadap kacamata baca?"mash dok.
periksa ulang
written by Ernita, August 29, 2009
Anak saya periksa di rs.yap bln.juni thn 2008,umurnya 5th, hsl pemeriksaan dokter :mata kiri -1,5 mata kanan silinder 2,pakai kaca mata.berapa lama untuk periksa ulang,apakan minus dan silindernya bisa bertambah? saya tinggal di kalimantan tengah.trims.
penglihatan terganggu titik itam kecil
written by dedi, September 11, 2009
dok sy pemakai kcmta 2fks dg ukrn jauh 075 baca 250 usia 58th.akhir2ini peglihtn jauh tergnggu dgn adny titik htm kcl yg mmang agk mngggu pnglihatn kiri sy.adkh obt ttes yg bisa mngbti mta kri sy,ap nmny dn bgmn atrny.trim
...
written by RIDA, October 14, 2009
Hallo dok, anak saya usia 16 th, OS - 0,25 dan OD -1,25 pakai kacamata pusing dan rasa seperti memakai loupe katanya. apa krn terlalu besar beda minus OD dan OSnya? Bagaimana menurut dokter? tks
...
written by Wira, October 28, 2009
AsSalamualaikm dok, saya wira 17th mau tanya dok, t'akhr kali periksa , mata saya min 1,5 (kanan).cara peNyeMbuhan dg obAt/suPleMen apakah msiH bsa atau hruZ dg operasi, kira2 pa obAtnya?

Trus ciri2 sPesifik mata silindEr tU bAgaimNa ,apakah kalau peNglihatan berbayang jg termasuk silinder?pa mata silindEr bisa dseMbuhkn ?
MohoN penjelasanx . Termksh dok .
pemeriksaan fisik mata
written by sri mulyati, November 03, 2009
assalamu'alaikum...
dok, saya pengendara motor.. pada pagi hari jika saya mengendarai motor mata saya sangat silau jika terkena sinar matahari sampai pandangan di depan saya menjadi gelap, begitupun di malam hari, jika bersebrangan dengan kendaraan yang lain, sinar lampunya sangat mengganggu penglihatan saya.. apakah mata saya ada kelainan? ataukah itu hal yang biasa? karena efeknya saya jadi takut mengendarai pada waktu malam... ditunggu sekali jawabannya y dok.. terima kasih banyak.
SILINDER Bertambah Gara2 Melihat Leptop Terus
written by Dinar Perwitasari, December 05, 2009
Ass dr. Nurfifi A,SpM.
Saya Dinar Mhsiswi Psi UII.
Akhir2 ini saya sangat sering berhadapan dengan leptop secara terus menerus, setelah saya lihat, kok silinder saya jadi bertambah (rasanya) karena kalau melihat jauh jadi buram.
Yang saya tanyakan
1. Apakah silinder saya bisa berkurang?
2. Alat / Obat apa yg bisa membantu u/ silinder saya berkurang?
3. Kalau mau lasik, itu harganya berapa?
Untuk informasi, umur saya 21 tahun..
Mohon di jawab ya dr. Nurfifi A,SpM.
Terima Kasih smilies/smiley.gif
tes sikloplegik
written by wahyu, December 25, 2009
ass. dok saya mau bertanya waktu itu saudara saya pernah melakukan pemerksaan mata dan ternyata harus melakukan tes sikloplegik dahulu< yang saya mau tanyakan tes siklopl;egik itu apa y dok dan bagaimana tata caranya.terimakasih
sebelah kanan silinder 1,75 dan sebelah kiri minus 0,50
written by rovie, January 12, 2010
asslm.dok
Saya mau tanya apakah penyakit mata saya ini bisa dsembuhkan karena ukuran nya sudah mencapai R:silinder 1,75 DAN L:minus 0,50
Dan kiat-kiat apa saja yg bisa saya lakukan.....
mohon bantuan solusinya dok.....
Semenjax saya dikatakan mempunyai kelainan mata tersebut saya putus asa,,,
Apalagi saya masih pemula/pertama menggunakan kaca mata.......
Apakah ini dikategorikan terlambat untux sembuh??????????????????
Terima kasih Dok.
...
written by ita, February 11, 2010
Asw dok,
smilies/cool.gif smilies/cool.gif smilies/cool.gif
les privat komputer
written by anton, April 14, 2010
MAAF NUMPANG IKLAN TERIMA PANGGILAN LES PRIVATE KOMPUTER dan SERVICE KOMPUTER
ANTON DI 08159938717 / 02193717042( TIDAK SMS !! ) KAMI SEGERA DATANG KE TEMPAT ANDA (KHUSUS DI JAKARTA)
menghilangkan mata silinder
written by ocha, April 23, 2010
mlecom...
saya mau tanya,,
mata kanan saya silinder 0,25 minus 1,25 dan mata kiri silinder 0,75 minus 1,75..
apakah silinder dan minus saya bisa dihilangkan,,terutama untuk silindrenya...
kalau ada,,bagaimana caranya?
terimakasih... smilies/smiley.gif
...
written by anastasia, April 26, 2010
siang dokter,
usia saya 29 th, berberapa minggu terakhir ini saya kalo meliahat sesuatu rasanya sperti tidak fokus dan kadang ga nyaman, akhirnya periksa ke dokter sp mata dan direkomandasikan unutk menggunakan kacamata silender 0.,5 (kanan) dan kiri normal.
APkah bisa sembuh dengan minum vit,obat ato jus wortels setiap hari?
bagaimana menghilangkannya ya?
...
written by glasessman, May 06, 2010
Hiiii...
pakabr neh
saya juga punya kondisi mata yg minus tinggi seperti dian.
saya berharap kita bisa sharing informasi dan pengalaman seputar minus tinggi.
Email, YM dan FB aku : Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya .
Makasih yah
mata saya slindris tp sudah setahun kemaren tp saya biarkan saja
written by mailany, May 10, 2010
dok, mu tanya apakah hrus pake kaca mata slinder???
trus...... skarang kepala saya sring skit,,, apakah tu da effect nyaa??
dok,,, pa solusi yg hrus saya lakukan??
krna saya tidak suka pk kaca mata???

bls k email saya saja Alamat e-mail ini telah dilindungi dari tindakan spam bots, Anda butuh Javascript dan diaktifkan untuk melihatnya
Mata Silinder
written by Rahmat Mh, June 12, 2010
Halo DOk...
mata saya bila liat dekat maupun jauh agak kabur dan sering terasa pegal.
periksa di optik ada sph 0.25 cyl 0.50 kanan dan sph 0.25 cyl 0.25 kiri, bener gak nih Dok?
Kalo liat deket banyak kunang-kunang tapi dipakai liat jauh kunang-kunangnya hilang.
Kenapa ni dok ?
Usia saya 37 tahun, sering kerja dengan komputer sejak 10 tahun lalu. intensitasnya anatara 2 sampai 8 jam.
mata silinder 2 bsa ap smbuh
written by haryadi, October 25, 2010
mlm dok. . . .
mta kiri saya silinder 2 n minus 1, mta kanan min 3. .
1.dok, apa mta sya bsa smbuh dngn obat ?
2 apa silinder saya bsa smbuh? klo pke softlens bsa g dok?

trmksh b4
Minus silinder dan plus tinggi
written by e-chunk, November 21, 2010
mas anak saya penderita penyakit mata lengkap,dah hasilnya sbb
kanan: plus 12,25 minus 9,75 dan silinder 7,25
kiri : plus 14,75 minus 9,87 dan silinder 7,75
apakah dapat terjadi penglupasan retina?
...
written by Kusna wijaya, February 12, 2011
Assalamualaikum, Maaf dokter seblmnya, apa di rmh sakit tempat dokter sedang membutuhkan tenaga refraksi apa tidak, terima kasih.
anjuran bagi penderita hipermetropia OD astigmat hypermetropicus compositus OS presbiopia
written by yosua simarmata, April 03, 2011
Dok, mo nanya..
Apa anjuran yang kita berikan pada pasien dgn usia 63 tahun dan diagnosa tersebut?? Trims,Dok..
Tanya
written by andini, February 13, 2012
sore dok
saya berumur 14 thn mata saya yg kanan : -0.25
kiri ; SILINDER -0.25...
apa mata saya masih bisa normal lagi...?
dok apa benar kalau pemakaian kacamata dgn teratur minnya akan berkurang?? trus berapa hari minusnya akan berkurang? trus dok mana yg lebih besar minus atau silinder? APABILA kta tidak pemakaian teratur kacamata minus atau silindernya akan naik? berapa lama minus/silindernya naik? apa perminggu minus/silindernya akan naik?
thank you
mohon di balas
PENGOBATAN UNTUK MINUS SEPEREMPAT
written by JENNY, April 10, 2012
Dear Dokter.
Saya tadi malem memeriksakan mata dan ternyata hasilnya mata kiri saya minus dan silindernya 0, mata kanan saya minus 0,25 tapi tidak silinder. saya mohon dibantu apakah saya harus memakai kacamata, atau ada saran lain dok, obat untuk menghilangkan minusnya ada tidak dok??
apa harus pake kaca mata?
written by dwi dewi, April 13, 2012
dok, usia saya 21 tahun. beberapa hari yg lalu saya periksa mata dan hasilnya kanan -0,5 silinder 0 dan kiri -0,25 silinder 0,25. apa saya harus menggunakan kaca mata? apa minus dan silinder akan bertambah jika tidak menggunakan kaca mata?
...
written by harris, April 14, 2012
selamat mlam dok. sya pria berusia 22 tahun. saya menderita myopa. namun berbeda antara mata kanan dan kiri yg
cukup jauh.. mata kanan hanya minus 2 sedangkan mata kiri minus 4.
mata saya sebelah kiri yg minusnya lebih bnyk sering sekali sakit. kadang pegal dan disetai sakit di kepala bagian kiri..
apakah hal tersebut wajar dok?
Perlukah pakai kacamata
written by Yani, May 07, 2012
Salam dok
saya baru saja periksa mata hasilnya OD (-0.75) dan OS (-0.25) itu artinya apa ya dok, apakah saya perlu menggunakan kacamata? sebagai tambahan saya memang setiap hari bekerja di depan komputer, dan mata sering sakit/perih tks.
mata minus 6???
written by Zhera, August 25, 2012
dok saya pelajar umur 15th, mata saya minus 6 kiri kanan, walau sudah pakai kacamata kadang masih kabur, ketika saya konsultasi, katax pengaruh prematur jadi mata saya kekeringan dan saya di bari obat mata kering. apa benar dok? smilies/grin.gif smilies/grin.gif
...
written by dila, September 24, 2012
setelah saya membaca pertanyaan dari teman-teman diatas ada 1 yang mau saya tanyakan.
berarti silider 0,5 masih bisa sembuh??
thx
scotoma dan silindris
written by ratna, September 25, 2012
dok apakah scotoma dan silindris yang berada pada satu mata yaitu mata kiri saya bisa dioprasi dengan lasik? Silindris sya >5
...
written by rahmat, November 03, 2012
mv dok,mo tanya...sya pendrita ablasiu
thun 2004 Sblum d oprasi minus sya 1.75 tp stlah d oprasi jd mins 6 y?
Skrng mta sya mines
left -3.50 cylndr 3.00
right -8.00 cylndr 3.500
ap yg hrs sya lkkan dok,apakah d lasik bsa sembuh!
question
written by keyla, December 09, 2012
mau tanya dok, saya kan min seperempat yang kanan, yang kiri min setengah. ap perlu pakai kacamata??? saya udah beli kacamata, baru saya pakai kok pusing sampai keringatan dan perasaan deg deg an?? bagaimana dok??
...
written by tias dwi yustanti, February 20, 2013
dokter apa dampak buruk dari penanaman lensa yah? mohon penjelasannya...
Mata Silinder dan Plus ?
written by Wha Gie Nho, May 05, 2013
Dokter Yang terhormat

beberapa hari yang lalu ada seles dari optic datang ke sekolah kami mengadakan pemeriksaan mata. Saya tidak tau nama alat itu, tetapi cara kerjanyasecara ringkas sbb :
Dagu pasien diletakkan pada landasan alat tersebut, mata kiri bisa terlihat dengan alat itu dan kemudian digeser ke mata kanan, hasil pemeriksaan bisa langsung keluar berupa print out pada kertas kecil.
dan mata saya terdeteksi sbb :
Mata kanan : mata normal ( tidak plus dan tidak minus)tetapi silindernya 0,5
Mata kiri : Kondisi mata 0.75 tetapi tidak silinder.
Karena saya penasaran, saya browsing di internet menemuka artikel yang intinya mengatakan kalau silinder itu melihat huruf O jadi angka 3, dst..., padahal ssya membaca masih jelas, asal jaraknya agak jauh dan ada terang dari sinar matahari. kalau saya pas ngajar di kelas dengan terang lampu listrik saya tidak bisa baca dengan jelas (agak kabur)tetapi kalau saya berada di depan pintu kelas bisa baca dengan jelas karena terangnya sinar matahari.
mohon pencerahannya dok,karena saya jadi tidak nyaman untuk membaca di dalam ruang. Oh ya umur saya 49 tahun dok ?

Demikian atas jawabannya saya mengucapkan terima kasih.
...
written by pinkan, November 10, 2013
dok, mata kanan saya min 0.75 mata kiri saya min 1 berarti min saya itu secara keseluruhan berapa dok?
...
written by annissa, November 29, 2013
Assalamualaikum dok,
Saya berusia 20 tahun,, 2 minggu kemarin saya periksa di salah satu optik terkemuka di daerah saya, pemeriksaan pertama mata kiri saya silinder 1 dan mata kanan saya tidak terdeteksi,. Selang beberapa hari saya periksa kembali ke optik yamg sama dan hasilnya mata kiri saya silinder 1,5 dan mata kanan saya silinder 1,. Pertanyaan saya dok, apakah silinder dapat meningkat dalam beberapa hari??? Dan apakah saya harus memakai kacamata???
...
written by indah, January 15, 2014
dok, saya punya gangguan penglihatan seperti ciri2 mata mudah lelah, untuk problem sperti saya pa aman menggunakan kaca mata? kalo iya kaca mata seperti apa

Write comment
quote
bold
italicize
underline
strike
url
image
quote
quote
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley
Smiley

security code
Write the displayed characters


busy
 
< Sebelumnya   Selanjutnya >
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Medical Check Up (202 komentar) Wednesday, 29 October 2014
Jogja Lasik Center (711 komentar) Wednesday, 29 October 2014
Kornea dan Infeksi Mata Luar (369 komentar) Wednesday, 29 October 2014
Retina dan Vitreus (545 komentar) Wednesday, 29 October 2014
Katarak (85 komentar) Sunday, 26 October 2014
Mata Kering (Dry Eye) (38 komentar) Friday, 24 October 2014
Bedah Plastik dan Rekonstruksi (285 komentar) Thursday, 23 October 2014
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.