Home arrow Berita

Berita
Pelatihan "Be Smart Frontliners" Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail
MENJADI
"BE A SMART FRONTLINERS"
 

Saat ini, rumah sakit berada dalam iklim persaingan yang sangat ketat. Masyarakat sebagai pelanggan berada dalam posisi yang lebih kuat karena semakin banyak pilihan rumah sakit yang dapat melayaninya. Pada saat yang bersamaan, masyarakat juga semakin kritis terhadap pelayanan kesehatan. Dalam kondisi seperti ini, agar tetap dapat eksis dalam melayani pelanggannya, maka rumah sakit harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu aspeknya adalah kemauan dan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang prima. Oleh karena itu diperlukan paradigma dan sikap mental yang berorientasi melayani serta pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melaksanakan pelayanan prima.

Melihat hal diatas, maka pada hari Selasa dan Rabu, 03-04 Juli 2012 RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta mengadakan pelatihan “Be A Smart Frontliners” bertempat di Gedung Aula RS Mata “Dr. Yap” yang diikuti oleh seleruh karyawan.

Dalam sambutan pembukaan, Direktur RS Mata “Dr. Yap” dr Nunuk Maria Ulfah, Sp.M, M.Kes mengataan bahwa tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan paradigma baru tentang pemahaman dan keterampilan yang SMART komprehensif dalam membangun citra pelayanan prima di RS Mata “Dr. Yap”, terutama yang berada di garis depan (frontliner) yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Dalam pelatihan ini, Ibu Erlina Chusnulita, SE, MMA sebagai nara sumber mengungkapkan bahwa untuk menjadi “Be A Smart Frontliners” hal pokok dan utama adalah Komunikasi, dimana komunikasi ini harus memperhatikan beberapa hal penting yakni Intonasi suara dan bahasa tubuh. Sebagai contoh saat seorang karyawan menerima telepon dari pelanggan maka karyawan tersebut harus mengetahui dan menerapkan etika bertelpon antara lain cara memegang telpon harus benar, nafas tidak terdengar di telepon, mengucapkan salam, memperkenalkan instansinya , menanyakan identitas penelpon serta wajib Smilling Voice. Sedangkan untuk bahasa tubuh, semua karyawan harus diwajibkan untuk tersenyum kepada setiap pelanggan baik pelanggan eksternal maupun internal rumah sakit sehingga pelanggan ini merasa nyaman, dihormati dan dihargai.

 
 
PELATIHAN KEPROTOKOLERAN Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

PENTINGNYA KEMAMPUAN PROTOKOLER DALAM SUATU LEMBAGA

Seorang protokol harus memiliki kemampuan khusus karena dituntut tampil prima di depan umum, terutama dalam acara resmi yang dihadiri oleh pejabat pemerintahan. Berkaitan dengan tuntutan tersebut, maka RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta menggelar Pelatihan Keprotokolan pada hari Minggu, 24 Juni 2012 bertempat di Gedung Aula RS, yang diikuti oleh 20 karyawan dari beberapa unit kerja terkait, seperti Seksi Hukum dan Humas, Seksi Tata Usaha, Keamanan, Sarana dan Prasarana Rumah Sakit dan lain-lain.

Materi yang disampaikan oleh Dra Sri Wahyuni Werdiningsih, MPH,  meliputi peningkatan kemampuan dan pengetahuan tentang tata keprotokolan mencakup berbagai unsur, antara lain etika yang mengandung arti, bahwa seorang protokol harus memiliki kemampuan tata cara dan perilaku dalam menjalankan tugasnya, selain juga dituntut untuk memperlihatkan kemampuan serta kepiawaiannya bernegoesasi dalam mencapai misinya, tetapi juga pada saat bersamaan dituntut pula untuk menjaga citra lembaga yang diwakilinya. Pemikiran aparatur yang menganggap keprotokolan merupakan tugas dan tanggung jawab salah satu lembaga, menyebabkan banyaknya lembaga yang tidak mempunyai tenaga aparatur yang terampil di bidang keprotokolan, hal ini sangat dirasakan pada saat acara atau kegiatan serimonial yang sangat diperlukan tenaga protokoler, sementara pada lembaga yang bersangkutan tidak tersedia tenaga protokol.

Dijelaskan oleh Ibu Yuni bahwa materi pokok dalam Pelatihan Keprotokalan adalah, tata cara penyambutan kunjungan tamu baik dari dalam maupun luar negeri, public relation, tata cara penerimaan tamu, tata jamuan makan resmi (table menner), peran dan fungsi pembawa acara, dan simulasi.

Tujuan Pelatihan Keprotokolan adalah meningkatkan kemampuan dalam memahami teori atau konsep keprotokolan, meningkatkan kemampuan keterampilan dan daya tanggap di bidang keprotokolan, diharapkan peserta dapat memahami ketentuan yang berhubungan dengan keprotokolan, sehingga mampu mengaplikasikan ketentuan tersebut dalam kegiatan yang memerlukan tenaga keprotokolan di lembaga masing-masing serta semua peserta mampu memahami dan terampil dalam mengintegrasikan fungsi kehumasan yang benar, terutama dalam pelaksanaan kegiatan organisasi serta memiliki mental kuat dan disiplin tinggi.

 
KUNJUNGAN RSKG TEJA HUSADA MALANG Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

HOSPITAL VISIT

RS KHUSUS GERIATRI (RSKG) TEJA HUSADA MALANG

Jumat, 08 Juni 2012, RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta kedatangan rombongan tamu dari RS Khusus Geriatri (RSKG) Teja Husada Malang. Rombongan ini berjumlah 18 orang yang terdiri dari Jajaran Direksi, Tenaga Medis, Tenaga Paramedis, Apoteker, Tenaga Humas, Driver dan Office Boy. Rombongan dipimpin langsung oleh Direktur RSKG Teja Husada dr. Tutik Hariyanto, MARS dan disambut langsung oleh Direktur RS Mata “Dr. Yap” dr. Nunuk Maria Ulfah, Sp.M, M.Kes.

dr. Tutik Haryanto, MARS dalam sambutannya mengatakan bahwa RSKG Teja Husada merupakan RS Khusus Geriatri yang masih baru beroperasional, sehingga untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada pasien maka Jajaran Direksi RSKG Teja Husada mengajak rombongan kepala unit kerja dan beberapa karyawan untuk menimba ilmu di RS Mata “DR. Yap” yang sama-sama juga merupakan rumah sakit khusus, dimana dari segi usia sudah 89 tahun, sudah terakreditasi penuh tingkat dasar, serta sudah mendapatkan klasifikasi kelas RS Tipe B dari Kementrian Kesehatan RI. Diharapkan dengan hospital visit ini, RSKG akan dapat melayani pengunjungnya dengan baik.

dr. Nunuk Maria Ulfah, Sp.M, M.Kes selaku Direktur RS Mata “Dr. Yap”  menyambut baik dengan adanya hospital visit ini, diharapkan dengan kunjungan ini kedua RS akan saling bisa bekerjasama memberikan yang terbaik demi kemajuan bersama. Dalam sambutannya dr. Nunuk juga mengatakan bahwa RS Mata “Dr. Yap” sudah sering menjadi hospital visite bagi RS umum ataupun khusus yang lain baik yang menimba ilmu tentang pelayanan di RS ini ataupun tentang proses akreditasi dan klasifikasi type RS.

Acara hospital visit ini diawali dengan ramah tamah, penyajian profile RS Mata “Dr. Yap”, kunjungan ke lapangan rawat jalan, rawat inap, farmasi dan kamar operasi kemudian dilanjutkan dengan diskusi serta ditutup oleh penyerahan kenang-kenangan dari kedua rumah sakit.

 
PERINGATAN HUT KE-89 Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

 ACARA HUT KE-89 RS MATA “Dr. YAP”

 

Hari Minggu, 03 Juni 2012 kemarin, RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta memperingati Hari Ulang Tahun ke-89 yang seharusnya jatuh pada tanggal 29 Mei 2012. Dalam memperingati HUT ke-89 ini tema yang diusung oleh Panitia adalah Peningkatan Pelayanan Kepada Pasien melalui Customer Service Excellent.

Rangkain kegiatan HUT yang telah dilakukan sejak awal bulan mei 2012 meliputi berbagai kegiatan sosial seperti pemberian santunan bagi anak yatim piatu di Pondok pesantren, donor darah (menghasilkan 60 kantong darah), pemeriksaan gratis dan pembagian kacamata gratis sebanyak 150 pasien umum serta pemeriksaan gratis dan pemberian kacamata gratis bagi 250 abdi dalem Keraton Yogyakarta. Selain itu dalam rangka HUT kali ini, pihak RS Mata “Dr. Yap” juga memberikan penghargaan kepada beberapa pelanggan terbaik, diantaranya diterima oleh Lembaga Pendidikan Perkebunan Yogyakarta, PT. PLN AJP Yogyakarta dan PT. KAI Area 6 Yogyakarta. Dalam Sambutannya, GBPH H. Prabukusumo, S.Psi selaku Ketua Yayasan Dr. Yap Prawirohusodo mengatakan bahwa masyarakat Yogyakarta patut bangga dengan keberadaan RS Mata “Dr. Yap” yang telah mengabdikan dirinya dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya mata yang telah dianggap oleh masyarakat luas sebagai salah satu RS Pusat Rujukan Khusus Mata yang profesional serta berkualitas dan beliau berharap RS Mata “Dr. Yap” dapat bersaing secara global serta menjadi rujukan nasional atau bahkan internasional.

Rangkaian peringatan kegiatan HUT ini akan ditutup dengan diadakannya seminar tentang Penanganan dan Tata Kelola Diabetik Retinopati pada hari Sabtu 09 Juni 2012 di Aula RS Mata “Dr. Yap” serta bakti Sosial berupa operasi katarak gratis untuk 30 masyarakat kurang mampu yang telah dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh tim dari RS Mata “Dr. Yap”

 

 
Kunjungan PT ASKES (Persero) Kantor Regional VI Semarang Cetak halaman ini Kirim halaman ini melalui E-mail

KUNJUNGAN PT ASKES (Persero) KANTOR REGIONAL VI SEMARANG

Visi dari Rumah Sakit Mata Dr. Yap adalah menjadi pusat pelayanan kesehatan mata yang profesional dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat serta dapat bersaing secara global di tahun 2020. Salah satu langkah yang dilakukan oleh RS Mata Dr. Yap adalah dengan mengadakan kerjasama pelayanan kesehatan kepada berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta diantaranya adalah PT ASKES (Persero).

Selasa 01 Mei 2012 RS Mata Dr. Yap telah kedatangan tamu dari PT ASKES (Persero) Kantor Regional VI Semarang yang diwakili oleh Kepala Bidang operasional Divisi Regional VI dr. Veronica Margo Susilowati, M.Kes, AAK didampingi oleh Kepala Cabang Utama PT ASKES (Persero) Yogyakarta dr. Gatot Subroto, M.Kes. Dalam sambutannya dr. Veronica berharap bahwa kerjasama antara RS Mata Dr. Yap dengan PT ASKES (Persero) dapat segera terlaksana awal bulan juni tahun ini, sehingga harapan peserta askes untuk mendapatkan pelayanan kesehatan mata di rumah sakit ini segera terkabul dengan menggunakan haknya sebagai peserta askes.

Sementara itu Direktur RS Mata Dr. Yap, dr. Nunuk Maria Ulfah, Sp.M, M.Kes saat menerima rombongan mengatakan bahwa dengan kunjungan ini menunjukkan keseriusan PT ASKES (Persero) Kantor Regional VI Semarang untuk segera menjalin kerjasama pelayanan kesehatan di rumah sakit ini. Setelah ramah tamah acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan untuk melihat beberapa fasilitas pelayanan yang ada di RS Mata  Dr. Yap.

 
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya > Akhir >>

Hasil 41 - 45 dari 130
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Bedah Plastik dan Rekonstruksi (335 komentar) Wednesday, 17 October 2018
Deteksi Dini & Pemeriksaan Mata (3 komentar) Wednesday, 17 October 2018
PEMBERITAHUAN (3 komentar) Monday, 15 October 2018
AKSES TRANSPORTASI KE RS MATA "Dr. YAP" (33 komentar) Saturday, 13 October 2018
Operasi Katarak Sehari (222 komentar) Saturday, 13 October 2018
Buka Puasa Bersama RS Mata "Dr. Yap" (2 komentar) Saturday, 13 October 2018
Retina dan Vitreus (618 komentar) Wednesday, 10 October 2018
© 2018 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.