Home arrow Konsultasi

Jumlah Pengunjung

Forum Rumah Sakit Yap

homepost replythreaded viewhelp
 
::post new topic::
Nanang Dwi Apriyanto
 
Penglihatan Dobel & Pendarahan Retina - 2011/12/13 16:02
Selamat Malam
Perkenalkan nama saya Nanang Dwi Apriyanto, usia saat ini (2011) 27 tahun, asal Magelang-Jawa Tengah. Dulu sewaktu kecil, mata kanan saya pernah tertimpuk kerikil yang dilempar dengan kuat oleh seorang teman ketika sedang bermain dengannya, saat itu penglihatan mata kanan saya sempat gelap untuk beberapa saat saja dan penglihatan dapat kembali normal.
Di tahun 1999 saya mengalami penggumpalan darah di bagian otak kecil kanan yang membuat saya tidak sadarkan diri dan diharuskan menjalani operasi pengangkatan gumpalan darah. Beberapa minggu kemudian setelah siuman, kakak saya melihat ada yang janggal dengan kondisi penglihatan mata saya, yaitu
1. Mata saya menjadi “Kero” (dalam Bhs Jawa) atau penglihatan dobel, maksudnya kedua mata saya tidak melihat pada arah yang sama, saat posisi mata kiri saya melihat ke depan, maka posisi mata kanan saya juga melihat ke depan namun terlalu banyak ke arah kanan. Dikatakan oleh dokter spesialis bedah syaraf yang mengangkat gumpalan darah dan sebagian “otak kecil kanan” saya yang rusak di tahun 1999, kemungkinan posisi mata kanan yang terlalu ke kanan disebabkan oleh syaraf mata kanan saya yang tertarik saat operasi pengangkatan gumpalan darah dan sebagian “otak kecil kanan” saya yang rusak di tahun 1999 itu.
2. Beberapa bulan kemudian saya mulai rasakan gangguan lain pada mata kanan saya. Ada semacam kabut / kapas yang menutupi sebagian penglihatan mata kanan saya, yaitu ada semacam kapas putih/ kabut yang menutupi bagian tengah penglihatan mata kanan saya, sedangkan bagian bawah, kanan, atas, dan kiri tampak terlihat jelas. Kemudian saat diperiksakan ke dokter mata, dokter menganjurkan untuk segera dibawa ke rumah sakit yang peralatannya lebih lengkap karena dimungkinkan untuk segera dilakukan operasi. Mengungat saya baru beberapa bulan saja menjalani operasi pengambilan gumpalan darah di otak, maka dicarilah alternatif pengobatan lain selain operasi untuk menyembuhkan gangguan pada mata kanan saya. Selang beberapa bulan kemudian kondisi penglihatan mata kanan saya yang awalnya seperti tertutup kabut / kapas kini berubah menjadi tampak seperti pancaran sinar bintang di malam hari, selang beberapa minggu kemudian penglihatan mata kanan saya berubah lagi menjadi seperti gumpalan minyak berwarna merah darah, beberapa bulan kemudian penglihatan mata kanan saya berubah kembali menjadi seperti gumpalan kabut / kapas yang menutupi bagian tengah penglihatan mata kanan saya, sehingga saya tidak dapat melihat dengan jelas sesuatu di hadapan saya menggunakan mata kanan saya, sedangkan bagian kanan-kiri dan atas-bawah penglihatan mata kanan saya tampak lebih jelas, dan ini saya rasakan hingga saat ini.
Pernah saya tanyakan kepada dokter bedah syaraf yang melakukan operasi untuk mengangkat gumpalan darah di bagian “otak kecil kanan” saya. Dokter tersebut menjelaskan gangguan yang pertama kemungkinan disebabkan oleh syaraf mata kanan saya yang tertarik saat dilakukan operasi pengangkatan gumpalan darah. Sedangkan pada gangguan penglihatan yang kedua, dokter itu tidak mengetahuinya.
Pernah saya berobat ke RS Yap Jogja dan ditangani oleh dr. Nurini Agni, SpM, namun belum ada perubahan, dokter mengatakan meskipun dilakukan operasi untuk mengambil darah di bagian dalam retina tetap tidak bisa memulihkan penglihatan mata kanan saya 100% seperti sedia kala.
Beberapa bulan lalu saya menyimak talkshow kesehatan Healthy Life di MetroTV yang membahas berbagai penyakit mata. Dokter yang menjadi nara sumber dalam acara tersebut adalah Dr. Doric Wong dari Singapore National Eye Center, dalam acara tersebut nara sumber juga menjelaskan bahwa penyakit mata yang diakibatkan oleh pendarahan retina (seperti yang saya alami) kini telah dapat disembuhkan, sehingga si penderita dapat melihat normal kembali.
Pada tanggal 22 Juni 2011 saya juga sempat membaca jurnal kesehatan terbaru di internet tentang seorang pria yang bisa melihat kembali setelah 55 tahun buta di alamat http://id.berita.yahoo.com/ajaib-pria-ini-bisa-melihat-setelah-55-tahun-183214956.html. Saat saya baca jurnal kesehatan tersebut, saya pun teringat akan kejadian yang menimpa mata kanan saya beberapa tahun yang lalu ketika saya masih kecil dan mungkin ini merupakan penyebab gangguan penglihatan pada mata kanan yang saat ini saya rasakan. Setelah saya baca dengan seksama tulisan tersebut ternyata penyebab gangguan penglihatan yang dirasakan oleh pria berusia 77 tahun tersebut dan apa yang ia rasakan pada mata kanannya sama seperti halnya gangguan penglihatan yang saya alami pada mata kanan saya. Jika benar begitu, berarti ada harapan bahwa penglihatan mata kanan saya dapat kembali pulih dan kembali normal seperti sediakala .
Oleh karena itu, melalui email ini saya mohon bantuan kepada RS Dr.Yap Jogjakarta guna membantu saya mendapatkan penanganan pengobatan seperti yang telah didapatkan oleh pria berusia 77 tahun tersebut di sebuah rumah sakit di luar negeri, sehingga penglihatan kedua mata saya dapat kembali normal, seperti sediakala, amin
Oleh karenanya, berdasar informasi tersebut, melalui email ini saya mohon bantuan kepada RS Dr.Yap Jogjakarta sekiranya dapat membantu saya untuk bisa mendapatkan penanganan pengobatan seperti didapatkan oleh pria berusia 77 tahun tersebut di sebuah rumah sakit di luar negeri, dan atau penanganan seperti yang telah diutarakan oleh Dr. Doric Wong dari Singapore National Eye Center. Sehingga nantinya penglihatan kedua mata saya dapat kembali pulih & normal seperti sediakala, amin

Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih

Salam,


Nanang Dwi Apriyanto
Jl. Duku IV/ 35 Perum Korpri, Ngembik. Kelurahan Kramat Selatan.
Magelang-Jawa Tengah
56115.
Telp/ HP: (0293) 361371/ 081328845413
reply quote

::post new topic::
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Diagnosis dan Penanganan Glaukoma (97 komentar) Wednesday, 10 September 2014
AKSES TRANSPORTASI KE RS MATA "Dr. YAP" (20 komentar) Tuesday, 09 September 2014
Pendaftaran Pasien (210 komentar) Monday, 08 September 2014
Mata Kering (Dry Eye) (37 komentar) Sunday, 07 September 2014
Bedah Plastik dan Rekonstruksi (284 komentar) Sunday, 07 September 2014
Lensa Kontak (159 komentar) Saturday, 06 September 2014
Kegiatan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Di RS Mata “Dr. Yap” Yogyakarta (1 komentar) Wednesday, 03 September 2014
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.