Home arrow Konsultasi

Jumlah Pengunjung

Forum Rumah Sakit Yap

homepost replythreaded viewhelp
 
::post new topic::
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 Selanjutnya > Akhir >>
deny
 
bintik hitam - 2008/03/07 04:10
assalamu'alaikum..
hello dokter,
nama saya deny umur 24 th, mata saya selama ini normal, dan tidak ada riwayat penyakit mata sebelumnya. keluarga saya juga semuanya bermata normal.
begini dok, ketika bangun tidur kemarin tiba2 ada bintik hitam di mata kanan saya yang selalu mengikuti gerak mata saya. saya kira itu kotoran sehabis tidur, tetapi setelah saya mengambil wudhu bintik hitam itu masih ada.
sebelumnya saya pernah baca postingan sebelumnya kalo itu adalah kotoran di vitreus. apa dalam kasus saya juga seperti itu dok? soalnya selama ini mata saya normal, sedangkan yang saya baca bintik hitam ini biasa terjadi pada orang yang minus.
apakah bintik hitam ini merupakan tanda penyakit yang bahaya dok? saya belum berobat ke dokter, tetapi akhir2 ini juga di mata kanan saya sebelumnya juga ada bayangan kecil2 yang terlihat ketika saya berada di tempat yang terang.
apa ini ada hubungannya juga dengan operasi yang saya lakukan sebelumnya dok? o iya sebelum ini saya baru saja operasi kelenjar getah bening di leher.
terus apa bintik hitam tersebut bisa hilang dok? apakah bisa hilang dengan sendirinya?
akhir kata terima kasih atas waktunya dok.
wassalamu'alaikum..
reply quote

dr.Nurfifi Arliani, SpM
 
Re:bintik hitam - 2008/03/10 01:40
Ass.wr wb.
Hallo Deny.
Benar, bintik hitam itu ada di vitreus. Sebagian besar penyebab memang belum diketahui. Untuk menghilangkannya juga susah, asal tidak bertambah banyak (makin parah) biasanya tidak mengakibatkan gangguan penglihatan, tetapi kalau bertambah banyak maka harus dicurigai adanya infeksi dalam bolamata. Cobalah periksa ke dokter mata.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
reply quote

deny
 
Re:bintik hitam - 2008/03/10 10:03
makasih dok atas tanggapannya, tadi saya sudah ke dokter mata dan setelah di periksa ternyata vitreus di mata kanan saya udah 2/3 nya keruh, sedangkan yang kiri ada sedikit. Kata dokter sudah tidak dapat diapa-apakan lagi, emang sih menurut dia ada kemungkinan keruhan itu kemudian mengendap dan dapat dihisap oleh aliran darah kemudian dapat hilang, tapi kata dokter tersebut biasanya terjadi pada anak-anak yang bola matanya masih dapat tumbuh, sedangkan pada saya hanya dapat berharapa saja.Apa betul dok cairan viterus bisa jernih dengan sendirinya? Terus apakah cairan vitreus yang keruh ini lama-kelamaan dapat menyebabkan kebutaan? Soalnya saya khawatir sekali.. Apakah sekarang ini ada alternatif pengobatan untuk penyakit tersebut? Oleh dokter saya diberi antibiotik dan vitamin juga tes mata hyloph untuk kemudian cek lagi 10 hari kemudian.
terima kasih dok atas jawaban pertanyaannya.
wassalam.
reply quote

dr.Nurfifi Arliani, SpM
 
Re:bintik hitam - 2008/03/11 07:02
Hallo Deny.
Kalau benar dokter bilang 2/3 keruh biasanya kami akan periksa lab. TORCH, untuk mengetahui apakah kamu mengalami infeksi akibat TORCH tersebut, sehingga pengobatan bisa lebih tepat. Memang sih kamu sudah benar diberi antibiotik, akan tetapi lebih baik kalau diperiksa lab darahnya. Demikian tambahan dari saya mudah-2-an bisa lebih baik lagi.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
reply quote

deny
 
Re:bintik hitam - 2008/03/11 08:46
dokter maaf kalo banyak tanya,
apa infeksi TORCH tersebut dapat disembuhkan? terus kalo udah dapat disembuhkan nanti dapatkah vitreus saya kembali normal (jernih). Soalnya ini mengganggu sekali dalam bekerja. Kira-kira berapa biaya untuk tes darah tersebut?
terima kasih dokter atas sarannya.
reply quote

dr.Nurfifi Arliani, SpM
 
Re:bintik hitam - 2008/03/29 06:15
Hallo Deny.
Infeksi TORCH itu bisa disembuhkan karena memang sudah ada obatnya. Biaya periksa Torch kami tidak tahu, tergantung lab mana. Mengenai vitreusnya, mestinya Deny harus periksa ke spesialis mata subspesialis vitreoretina untuk dapat ditentukan apakah perlu vitrektomi (pembersihan vitreus) apa tidak, sayangnya Deny nggak kasih informasi dimana tinggal. Kalau mungkin periksa saja ke RSM Yap bagian Vitreoretina, buka setiap hari kecuali Rabu.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
reply quote

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 Selanjutnya > Akhir >>
::post new topic::
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Operasi Katarak Sehari (183 komentar) Thursday, 18 December 2014
Lensa Kontak (168 komentar) Wednesday, 17 December 2014
Kornea dan Infeksi Mata Luar (375 komentar) Wednesday, 17 December 2014
Pendaftaran Pasien (215 komentar) Tuesday, 16 December 2014
Glaukoma (701 komentar) Monday, 15 December 2014
Medical Check Up (205 komentar) Sunday, 14 December 2014
Bedah Plastik dan Rekonstruksi (287 komentar) Friday, 12 December 2014
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.