Home arrow Konsultasi

Jumlah Pengunjung

Forum Rumah Sakit Yap

homepost replythreaded viewhelp
 
::post new topic::
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 Selanjutnya > Akhir >>
tata
 
tanya - 2009/11/03 08:31
dokter,saya pernah didiagnosa dokter terkena uveitis anterior, dapat resep xitrol tetes. setelah 2minggu gejala hilang , namun baru satu bulan kambuh lagi ... yang ingin saya tanyakan: apakah penyakit saya ini bisa disembuhkan secara sempurna? lalu apa efek samping penggunaan tetes xitrol yang terlalu sering dan lama? saya cemas dengan kondisi mata saya sekarang ini... mohon dijawab ya dok... terimakasih
reply quote

dr. Nurfifi Arliani,SpM.
 
Re:tanya - 2009/11/07 02:57
Hallo Tata.
Uveitis merupakan penyakit yang komplex. Kalau penyebabnya tidak diketahui biasanya ya tidak akan sembuh total, sehingga memang sering kambuh2an. Harus ditelusuri apakah ada penyakit lain ditubuh anda yang menyebabkan uveitis ini, sehingga perlu cek laboratorium macam2, termasuk rontgent. Obatnya memang antibiotik kombinasi steroid seperti Xitrol dll.
Memang pemakaian steroid jangka panjang bisa menyebabkan glaukoma dan katarak, jadi ya harus dengan pengawasan dokter mata.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
reply quote

uli
 
tanya uveitis - 2009/12/01 22:59
Dok, saya sedang menderita uveitis dengan komplikasi glukoma,ini kali ke 4 dalam 4 tahun, tiap tahun sekali.dulu berobat diMedan dan surabaya, diberi tetes timolol, antibiotik dan tablet acetazolamide. Yang sekarang saya berobat di dokter mata malaysia hanya diberi tetes steroid.disuruh tetes tiap 3 jam dalam 2 hari ini (kemudian disuruh datang lagi).Tapi dalam 2,5 jam sudah saya teteskan krn jika terlambat mata kembali merah&sakit. Yg ingin saya tanyakan apakah uveitis akibat ibfeksi atau sebab lain itu dapat dibedakan tampilan radangnya dari pemeriksaan menggunakan lampu? (lampu khusus dokt mata). dokt mata saya sekarang yakin bahwa saya tidak perlu antibiotik...mohon penjelasannya dok, apakah uveitis tidak selalu perlu antibiotik? (krn dulu mendapatkan antibiotik kok cepat sehatnya).terimakasih
reply quote

dr. Nurfifi Arliani,SpM.
 
Re:tanya uveitis - 2009/12/03 05:59
Halo Uli.
Apakah anda sudah periksa laboratorium? Kalau melihat perjalanan penyakit anda yang kronis dan kumat2an saya menduga kemungkinan uveitis anda disebabkan karena penyakit autoimmune, nah ini yang sulit untuk disembuhkan. Saya kira anda mesti ditangani oleh dokter mata subspesialis uvea dan immunologi. Pemberian antibiotik tidak begitu perlu pada uveitis karena proses autoimmune ini.
Demikian jawaban kami.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
reply quote

uli
 
tanya uveitis lagi dok - 2009/12/24 21:59
dokter, saya sedang menderita uveitis kali ke 4 (sebelumnya saya sudah pernah bertanya pada dokter Nurafifi), telah periksa laboratorium dan rontgen dan tes tuberkulin, semua normal.tes imunologi (ANA-tes, RF, anti-ds-DNA) negatif.sekarang sudah 1 bulan saya mengunakan tetes dexametason 1 % tiap 3 jam (termasuk tidur harus bangun krn jika terlambat 10 menit saja matanya akan lansung merah kembali.cek terakhir disuruh tetap gunakan hingga 1 bulan ke depan. Uveitis yang sebelumnya saya tidak pernah selama ini dok, biasanya 3 minggu dosis steroidnya sudah bisa diturunkan.Apakah ini pertanda penyakit penyebab (yang belum diketahui) masih progresif? atau uveitis ini bisa tanpa penyebab lain? Apa saran dokter? Saya pernah baca tentang tes imunologi HLA-b27, apakah perlu dok? tapi disini tidak ada tes itu(sekarang saya sedang tinggal diMlaysia)
terimakasih banyak dok...
reply quote

uli
 
masih tanya uveitis dok... - 2009/12/29 12:31
Dokter,uveitis saya diterapi dengan deksametason 0,1 % tetes tiap 3 jam...sudah saya gunakan 1 bulan tapi dosisnya belum bisa diturunkan.kemarin saya coba cendo Xitrol, dosisnya bisa saya turunkan jadi tiap 5 jam. Apa petanda mata saya krn infeksi dok? kok lebih cocok dengan xitrol yang ada antibiotiknya.Mata saya yang uveitis hanya kanan,kalau uveitis krn autoimun biasanya kan kedua-dua mata dok?
terimakasih banyak dokter...
reply quote

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 3 Selanjutnya > Akhir >>
::post new topic::
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Operasi Katarak Sehari (177 komentar) Tuesday, 22 July 2014
Klinik Pediatri Oftalmologi (158 komentar) Sunday, 20 July 2014
Lensa Kontak (157 komentar) Saturday, 19 July 2014
OPERASI KATARAK GRATIS 'PROGRAM BINA LINGKUNGAN (2 komentar) Thursday, 17 July 2014
Medical Check Up (198 komentar) Thursday, 17 July 2014
Jogja Lasik Center (700 komentar) Wednesday, 16 July 2014
Diagnosis dan Penanganan Glaukoma (96 komentar) Tuesday, 15 July 2014
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.