Home arrow Konsultasi

Jumlah Pengunjung

Forum Rumah Sakit Yap

homepost replythreaded viewhelp
 
::post new topic::
<< Mulai < Sebelumnya 1 2 Selanjutnya > Akhir >>
andrianto
 
penyakit mata tua (kayaknya trachoma) - 2007/10/25 12:02
Salam sejahtera,

Dokter, saya punya Pakde yang usianya sekitar 50-an tahun. Dia sekarang mengalami gangguan pada kedua matanya. gejalanya: di sudah sulit untuk melihat. Katanya dia tidak dapat melihat objek dengan jelas, hanya samar-samar, walaupun untuk obyek yang jaraknya cukup dekat, dan dapat dikatakan hampir mengalami kebutaan Apa kah ini karena faktor usianya yang sudah tua? Gangguan mata apa saja yang sering dialami oleh orang yang sudah tua? dan seberapa besar peluangnyanya untuk matanya kembali normal atau setidaknya bisa melihat obyek dengan jelas?
Oleh karena itu saya disuruh untuk konsultasi dulu dengan dokter spesialis mata. Rencananya kalau memang ada peluang untuk sembuh keluarganya akan membawa dia ke RS Mata DR. Yap. saya menunggu jawaban dokter. Sekian terima kasih.
reply quote

dr.Nurfifi Arliani, SpM
 
Re:penyakit mata tua (kayaknya trachoma) - 2007/10/26 04:00
Hallo Andrianto.
Kalau menilik usia pakde anda belumlah terlalu tua.
Penyakit mata yang sering dijumpai pada orang tua yang sampai mengakibatkan penglihatan tidak jelas sekali yakni katarak. Kalau memang katarak, maka penyembuhannya hanya dengan operasi, kalau tidak ada komplikasi penyakit lain angka kesembuhan sampai 90%. Penyakit mata lain yang menimbulkan kebutaan pada usia tua yakni glaukoma, sayangnya kalau sudah buta total karena glaukoma tidak dapat disembuhkan lagi.
Kalau trakhoma itu merupakan penyakit infeksi, sehingga disertai gejala mata merah, gatal dan sifatnya menahun.
Untuk itu sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis mata terdekat, atau langsung ke RS Mata dr. Yap. Kami siap membantu anda.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam,
dr. Nurfifi A, SpM.
reply quote

yulianti
 
Kebutaan akibat glaukoma - 2007/12/03 02:58
Salam,
Ayah saya menderita glaukoma pada kedua matanya. Mata kanan sudah buta total dan mata kiri masih berfungsi sekitar 70%. Apakah kebutaan tersebut benar-benar tidak dapat diatasi bahkan dengan cangkok mata sekalipun?
Mohon informasi dokter.
Terima kasih.
reply quote

dr. Nurfifi Arliani,SpM
 
Re:Kebutaan akibat glaukoma - 2007/12/04 11:16
Hallo Yulianti.
Buta kerana glaukoma sifatnya menetap (irreversibel) karena yang terjadi kerusakan adalah saraf mata, sedangkan saraf yang sudah mati tidak dapat terjadi regenerasi. Cangkok mata tidak mungkin dilakukan karena sampai sekarang saraf tidak bisa dicangkok, yang biasa dilakukan adalah cangkok kornea.
Saran saya jagalah mata yang masih baik 70%, ikuti petunjuk dokter, segera ke dokter mata bila ada keluhan. Hal ini akan mencegah dari kebutaan.
Demikian jawaban kami, semoga puas.
Salam.
dr. Nurfifi A,SpM.
reply quote

Munir
 
Mata Tua - 2011/08/18 04:02
Assalamualakum,

Dokter, Ayahku umurnya sudah 73 tahun, sama kasusnya dengan pertanyaan Mbak yulianti, hanya saja ayahku sudah pernah dioperasi(yang sebalah saja), setelah operasi cuma ada perbedaan selama kurang lebih 1 bulan, sehingga beliau tidak jadi meneruskan operasi mata yang satunya, karena beliau tidak yakin kalau kembali normal. Kemudian ayahku saya bawa ke Graha Sepesialis Mata Palembang, setelah diperiksa dokter berucap bahwa Syaraf mata ayahku sudah mati, dan tidak bisa di operasi. Sekarang kemungkinan 95% kedua matanya tidak dapat melihat, apakah masih ada harapan untuk melihat secara normal dok? mohon konfirmasi dari dokter! Tks.
reply quote

dr. Enni Cahyani Permatasari Sp.M. M.Kes.
 
Re:Mata Tua - 2011/08/20 08:03
Sdr Munir,
Mata kesulitan melihat atau tidak melihat karena usia tua umumnya disebut katarak senilis yaitu lensa mata menjadi keruh karena usia tua (semua orang akan mengalami).
Ayah sdr munir usia 73th kemungkinan operasi sebelumnya juga operasi katarak, setelah dioperasi dokter mata baru bisa melihat keadaan syaraf matanya yang lemah ( umumnya karena Glaukoma, yaitu penyakit mata ditandai dengan kenaikan tekanan bola mata, pasien umumnya tidak merasakan sehingga sering disebut pencuri penglihatan).
Umumnya kondisi mata kanan kiri seimbang sehinga dokter mata lain juga akan mengasumsikan mata sebelahnya dengan kondisi syaraf yang hampir sama.
reply quote

<< Mulai < Sebelumnya 1 2 Selanjutnya > Akhir >>
::post new topic::
Advertisement
Advertisement
Konsultasi
Komentar Pengunjung
Komentar terbaru dari pengunjung :
Retina dan Vitreus (542 komentar) Tuesday, 29 July 2014
Klinik Pediatri Oftalmologi (159 komentar) Monday, 28 July 2014
Lensa Kontak (158 komentar) Friday, 25 July 2014
Medical Check Up (199 komentar) Wednesday, 23 July 2014
Glaukoma (693 komentar) Wednesday, 23 July 2014
Operasi Katarak Sehari (177 komentar) Tuesday, 22 July 2014
OPERASI KATARAK GRATIS 'PROGRAM BINA LINGKUNGAN (2 komentar) Thursday, 17 July 2014
Newsfeed
© 2014 Rumah Sakit Mata Dr. Yap
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.